Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PELUNCURAN GERAKAN PRAKARSA MASYARAKAT MEMBANGUN INDONESIA SEJAHTERA - GEMA MITRA

gemamitra5

SAPA - Pagi ini di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara Jakarta tengah berlangsung acara Peluncuran Gerakan Prakarsa Masyarakat Membangun Indonesia Sejahtera - Gema Mitra. Sesuai dengan rencananya acara ini diluncurkan oleh Menteri Kordinator Bidang Kesra Bapak H.R. Agung Laksono pada pukul 09.00 pagi yang dimulai dengan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Gema Mitra oleh Bapak DR. Sujana Royat selaku Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat - Kemenko Kesra.

Gema Mitra sendiri sebenarnya adalah sebuah gerakan yang lahir dari gagasan dan arahan orisinal Menko Kesra dengan tujuan membangun kemitraan semua pihak untuk melakukan penanggulangan kemiskinan. Terkait dengan hal tersebut, Gema Mitra merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara melakukan kemitraan dalam penanggulangan kemiskinan di daerah/wilayah/komuitas yang belum tersentuh oleh program-program penanggulangan kemiskinan yang digagas pemerintah saat ini.

Beberapa undangan yang turut hadir antara lain adalah Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Linda Amelia Sari, kepala-kepala daerah dan pihak swasta yang yang melakukan kemitraan program melalui CSR mereka. Pada acara Peluncuran Gema Mitra ini juga diundang 32 kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Wilayah Kerja SAPA Indonesia dan berpartisipasi dalam pelaksanaan MOU kemitraan penanggulangan kemiskinan.

Dengan adanya Gema Mitra diharapkan tidak terdapat lagi pemisahan antara Pemerintah, Swasta (CSR) dan pihak lain terkait dengan penanggulangan Kemiskinan namun semua unsur tersebut akan melebur dan bermitra menanggulangi kemiskinan yang diprioritaskan untuk daerah/wilayah/komunitas yang belum mendapatkan tersentuh oleh bantuan program kemiskinan.

Dalam sambutannya, Menko Kesra juga menyatakan bahwa salah satu alat yang dipakai untuk menentukan prioritas kegiatan kemitraan penanggulangan kemiskinan Gema Mitra adalah dengan menggunakan IKraR (Indeks Kesejahteraan Rakyat). Ikrar digunakan sebagai alat dalam pemetaan sosial mengingat kesejahteraan tidak hanya diukur dari sektor ekonomi saja tapi mempertimbangkan dimensi lain seperti keadilan sosial dan keadilan demokrasi dan tata kelola pemerintahan dan hal itu dapat tercermin di dalam IKraR.

Akhir acara Peluncuran Gema Mitra ditutup dengan Pembacaan IKraR Gema Mitra yang dibawakan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai Bapak Soekirman.

 

SAPA INDONESIA

 

gemamitra1 gemamitra2 gemamitra3 gemamitra4

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook