Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARGET PENURUNAN KEMISKINAN INDONESIA 1 PERSEN PERTAHUN

kemiskinan-sapa-agunglaksonoSAPA - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono di Jakarta, Senin (26/11/2012), mengatakan pemerintah baru mencapai angka 0,8% per tahun dalam menurunkan angka kemiskinan di Tanah Air. Sedangkan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) menargetkan angka penurunan kemiskinan sebesar minimal 1% tiap tahunnya.

Ia mengatakan saat ini terdapat 29 juta jiwa orang miskin di Tanah Air. Jumlah itu sebanding dengan 11,9% dari total jumlah penduduk Indonesia. Dengan upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan diharapkan angka ini dapat terus menurun.

Kemenko Kesra telah membagi program penanggulangan kemiskinan ke dalam empat klaster. Hal ini sebagai upaya melindungi masyarakat miskin agar terlindungi dari kerentanan akan perubahan keadaan.

Klaster pertama adalah program penanggulangan kemiskinan yang sasarannya adalah rumah tangga miskin.

"Program nasional untuk klaster pertama mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Program Bantuan Siswa Miskin, Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), serta Program Beras untuk Rumah Tangga Miskin (Raskin)," ujar Agung.

Klaster kedua adalah program penanggulangan kemiskinan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Klaster ketiga adalah program pemberdayaan ekonomi yang menjadikan usaha mikro dan usaha kecil sebagai sasarannya. Program utama dalam klaster ini adalah program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Klaster keempat disasar lebih khusus seperti kepada kelompok nelayan. "Terdapat enam hal dalam strategi peningkatan kesejahteraan rakyat antara lain pemenuhan kebutuhan pokok dan peningkatan kepedulian serta solidaritas sosial,"jelas Agung. Ketiga hal lainnya adalah penguatan jaring pengaman sosial ekonomi, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan dan pemerataan pro kemiskinan serta penegakan hukum.


Sumber : 108csr dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook