Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KREDIT MACET PNPM CAPAI RP.45 MILIAR

kemiskinan-sapa-pnpmmacetSAPA - Sebanyak Rp 45 miliar atau 3 persen dari aset dana bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Jawa Tengah yang bernilai Rp 1,5 triliun menjadi kredit macet. Meski demikian, program ini dipandang masih dibutuhkan untuk memberdayakan masyarakat miskin di perdesaan.

Hal ini diungkapkan Konsultan Manajemen PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jawa Tengah Rohmat Pujipurnomo.

Penyebab utama kredit macet, menurut Rohmat, karena debitur gagal usaha, kenaikan harga bahan baku yang membuat debitur kekurangan modal padahal pinjaman belum lunas sehingga tidak bisa meminjam lagi, dan persaingan dengan produk pabrikan termasuk impor, terutama dalam hal harga dan kemasan.

Selain kredit macet, ada pula sejumlah dana yang dibawa lari pengurus. Namun jumlahnya diperkirakan hanya 1 persen dari total aset dana bergulir di Jawa Tengah yang kini mencapai Rp 1,5 triliun.

"Terhadap debitur yang kena kredit macet ada penjadwalan ulang, penghapusan pinjaman bagi yang meninggal, dan penghapusbukuan bagi yang jatuh miskin," kata Rohmat.

Sekretaris salah satu Unit Pengelola Kegiatan di Kabupaten Blora, Elizabeth Rosi mengungkapkan, di kelompoknya terdapat kredit macet Rp 600 juta dari total aset Rp 2,8 miliar. Ini terjadi karena gagal panen, usaha bangkrut, atau debitur merantau.

Dari total 100.000 kelompok di Jawa Tengah, Rohmat mengungkapkan, jumlah kelompok yang telah benar-benar mampu mandiri mencapai 30 persen, sebanyak 15 persen lainnya masih taraf pemula, dan sisanya perlu pendampingan intensif agar mampu benar-benar mandiri.


Sumber : kompas dot com

Terpopuler

Terbaru

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMBINAAN kepada kepala desa dan perangkat...
MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

SAPA INDONESIA - BUPATI Malang Dr Rendra Kresna mengakui kemiskinan...
SIAPA SAJA YANG LAYAK MENIKMATI SUBSIDI LISTRIK?

SIAPA SAJA YANG LAYAK MENIKMATI SUBSIDI LISTRIK?

SAPA INDONESIA - PT PLN (Persero) pada Januari sampai Maret...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook