Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JUMLAH DESA TERTINGGAL DI KABUPATEN MALANG BERKURANG

kemiskinan-sapa-desatertinggaljatimSAPA - Jumlah desa tertinggal di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam dua tahun terakhir ini berkurang cukup signifikan, dari 110 desa pada tahun 2010 menjadi 48 desa pada pertengahan November 2012.

Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Malang Nurman Ramdamsyah, Selasa, mengatakan, setelah ditangani oleh lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan dilakukan evaluasi, jumlah desa tertinggal di daerah ini menyusut cukup tajam.

"Ada 15 indikator yang menjadi bahan evaluasi desa tertinggal ini. Dan, indikatornya juga jelas dan terukur, sehingga tidak ada unsur subyektif sama sekali," ujarnya.

Ke-15 indikator yang menjadi acuan evaluasi desa tertinggal tesrebut di antaranya adalah jalan desa, sarana kesehatan, sarana pendidikan, tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk serta kondisi sanitasi dan sumber air.

Lebih lanjut Nurman mengatakan, dari 110 desa tertinggal yang saat ini sudah terentaskan itu, ada enam desa yang menjadi desa sangat maju dan desa maju sebanyak 53 desa.

Sedangkan 48 desa yang masih berkategori desa tertinggal itu, tiga di antaranya sangat tertinggal, yakni Desa Taji di Kecamatan Jabung, Desa Srigonco di Kecamatan Bantur dan Desa Tegalrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sementara enam desa yang sebelumnya tertinggal dan sekarang menjadi sangat maju itu di antaranya Desa Pagak, Kecamatan Pagak, Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Desa Jatiguwi dan Senggreng, Kecamatan Sumberpucung.

"Desa-desa yang masih belum terentaskan ini akan digelontor dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang ditangani oleh lintas SKPD. Kalau semua fokus pada desa tertinggal, pasti tidak lama lagi Kabupaten Malang akan bebas dari desa tertinggal," tegasnya.


Sumber : antaranews Jatim

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook