Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PNPM MANDIRI PEKANBARU TERSALURKAN RP2,145 MILIAR

kemiskinan-sapa-pekanbaruSAPA - Kantor Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan, Pekanbaru, menyalurkan Rp2,145 miliar anggaran pemberdayaan ke 58 Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM), pada 15 Desember 2012.

"Penyaluran anggaran PNPM Perkotaan Pekanbaru itu seharusnya beberapa bulan sebelumnya, ini terkendala antara lain akibat adanya kebijakan lain dari Menko Kesra atas penetapan indeks fiskal kemiskinan Kota Pekanbaru yang dinilai rendah," kata Rosmani Said, Korodinator Kota Program Nasional Pemberdayaan masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan, Pekanbaru.

Atas penilaian rendahnya indeks fiskal kemiskinan Kota Pekanbaru itu sama artinya dengan banyaknya angka kemiskinan di Kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan, sebelumnya dari surat Menko Kesra, yang menyatakan Kota Pekanbaru mendapatkan kewajiban bahwa indeks fiskal kemiskinan Kota Pekanbaru tahun 2012 rendah, maka kewajiban dana daerah untuk urusan bersama hanya sebesar Rp312.500.000.

Sementara itu yang dianggarkan dalam APBD Kota Pekanbaru tahun 2012 adalah sebesar Rp2.145.000.000 sehingga ada selisih Rp1.832.500.000.

Maka berdasarkan penilaian Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyatakan telah terjadinya angka Raskin di Kota Pekanbaru meningkat," katanya.

"Akan tetapi data ini berbeda dibandingkan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru yang justru merekap terjadinya penurunan angka kemiskinan," katanya.

Namun pemerintah Pusat justru memakai perolehan data yang dilakukan oleh Tim TNP2K dan diharuskan PNPM juga memakai data menurut identifikasi Tim TNP2K itu.

Jirimkanika berdasarkan penilaian atas indeks fiskal kemiskinan Kota Pekanbaru tahun 2012 itu rendah (5 persen), maka Pemerintah Kota Pekanbaru tidak akan sanggup menyalurkan anggaran sebesar itu.

"Maka atas kelebihan dana Rp1,8 miliar itu, PNPM Mandiri Perkotaan Pekanbaru perlu mengirimkan permohonan kembali sebagai payung hukum pencairannya ke Program Manajemen unit PNPM Mandiri Perkotaan Jakarta," katanya.

Lalu surat permohonan dari PNPM Mandiri Perkotaan Pekanbaru dijawab Jakarta dengan surat bernomro 135/PMU-P2KP/X/2012, pada 8 Oktober 2012. Akan tetapi sampai dan diterima PNMPM Perkotaan Pekanbaru pada 28 Oktober 2012.

"Berdasarkan surat balasan tersebut maka anggaran tersebut sudah bisa dicairkan dengan ketentuan tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut maka kelebihan alokasi Dana Daerah untuk urusan bersama Kota Pekanbaru dapat dicairkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai pedoman pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan Pekanbaru," katanya.

Sedangkan 58 LKM yang mendapatkan bantuan (hibah) itu bergerak atas tiga kegiatan induk yakni pemberdayaan lingkungan, pemberdayaan sosial produktif dan ekonomi produktif.

Untuk kegiatan pemberdayaan lingkungan seperti kegiatan semenisasi jalan posyandu, air bersih, gorong-gorong jembatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu kegiatan pemberdayaan sosial produktif seperti pelatihan-pelatihan yang menghasilakan produk barang contohnya pelatihan sulam pita (khas melayu Riau) dan pengolahan sampah. Untuk kegiatan ekonomi produktif misalnya pembuatan tas dan sarung tissu.


Sumber : Antarariau dot com

Terpopuler

Terbaru

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - KALANGAN kepala desa (Kades) di Wonogiri mengakui...
MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook