Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INTEGRASIKAN PNPM DAN RUU DESA GUNA MENGENTASKAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-integrasipnpmSAPA - Dewan Perwakilan Rakyat mengajak Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat mengintegrasikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pada Rancangan Undang-undang Desa demi meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia.

"PNPM ini merupakan alternatif yang sangat baik, bila diintegrasikan oleh RUU Desa yang sedang dibuat DPR dengan Pemerintah, agar dapat mengentaskan kemiskinan," ujar Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPR RI Budiman Sudjatmiko, di Acara Kegiatan Temu Nasional PNPM Mandiri 2012, Jakarta, Kamis (29/11).

Menurutnya, program yang dimiliki oleh pemerintah itu sangat berpotensi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Tanah Air yang dikategorikan tidak mampu. Dan hal ini dapat diselaraskan dengan rancangan perundangan tentang desa yang tengah dirumuskan oleh DPR, karena nantinya berisi aturan-aturan kategori penduduk yang mendapatkan dana ini. Apabila dapat disatukan PNPM dapat menjadi faktor vital dalam pelaksanaan RUU diatas dalam hal pembangunan ekonomi maupun infrastruktur.

"PNPM merupakan ruh dari RUU Desa yang akan dirumuskan dan pelaksanaan perlu didukung oleh pemerintah supaya dapat tepat sasaran dalam membangun infrastruktur di kawasan yang kurang mampu," katanya.

Ajakan tersebut disambut baik Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenko Kesra Sujana Royat menegaskan, jika lembaganya bersedia diundang untuk diikut sertakan dalam perumusan rancangan perundangan diatas. "Kami siap dipanggil dalam membuat RUU Desa, demi kesejahteraan rakyat di daerah-daerah," katanya.

Ia juga mengutarakan, apabila program ini dibuat untuk memotivasi masyarakat supaya melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, serta memicu pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang jaun dari ibukota. "PNPM merupakan triger dalam melakukan kegiatan ekonomi, bahkan kami ketika sosialisasi dengan tegas menyampaikan lepada mereka, jika program ada demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena ini tugas pemerintah memberikan fasilitas tersebut," jelasnya.

Sujana menambahkan, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dirinya akan selalu berada di lapangan untuk mendengarkan aspirasi-aspirasi dari seluruh rakyat Indonesia yang membutuhkan bantuan dari negaranya, supaya perekonomiannya berkembang dari sebelumnya. Dan juga mengawal setiap program-program, karena harus ada mekanisme pembangunan itu harus dikawal dangan baik. "Saya dan teman-teman selalu berada di grass root, supaya suara masyarakat sampai diatas (Pemerintah) dan mewujudkan masyarakat yang bebas dari kemiskinan," katanya.


Sumber : Infopublik dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

SAPA INDONESIA - TAHUN ini Dinas Sosial (Dinsos) DIY melakukan...
KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

SAPA INDONESIA - KOUTA penerima beras sejahtera (Rastra) di...
KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook