Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

VERIFIKASI DATA GAKIN KARANG REJO

kemiskinan-sapa-gakinSAPA - Jelang akhir tahun, seluruh kelurahan di Balikpapan melakukan pendataan ulang (revisi) jumlah keluarga miskin (gakin), termasuk di Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah. Kasi Kesejahteraan Sosial, Tati mengatakan, jumlah gakin di wilayahnya berjumlah 415 Kepala Keluarga (KK). Namun, setelah dilakukan verifikasi ulang, kini hanya berjumlah 317 gakin. "Dari jumlah yang terdata sebanyak 415. Setelah dikroscek ulang, jumlahnya menjadi 317.

Bahkan, setelah kembali dilakukan pendataan ulang dari hasil ternyata di Karang Rejo yang sebenarnya mencapai 238 KK. Artinya, hal tersebut menunjukan adanya penurunan jumlah gakin di Karang Rejo,"ujar Tati kepada media ini, kemarin. Berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi gakin Karang Rejo secara rutin dilakukan melalui program pelatihan seperti menjahit, kursus mengemudi, pelatihan kemandirian lainnya serta adanya jatah raskin.

" Untuk jumlah gakin dalam setiap tahunnya secara rutin terus di pantau untuk mengetahui apakah jumlah gakin di Karang rejo mengalami peningkatan atau penurunan," bebernya. Banyak juga gakin di wilayah Karang Rejo yang sudah mandiri berkat adanya program pelatihan yang di lakukan di kelurahan maupun lingkungan warga.

"Biasanya untuk menggelar pelatihan keterampilan gakin kami berkerja sama baik dengan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Balikpapan ataupun Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dalam mewujudkan berbagai pelatihan usaha kecil dan menengah.

Selain itu, pelatihan dapat dilakukan dalam program PNPM-MP melalui program LKM dan KSM di wilayah Karang Rejo. "Biasanya program KSM serupa berupa pelatihan sementara pembangunan fisiknya bisa melalui bedah rumah bagi gakin di wilayah sekitar," tutupnya.


Sumber : Balikpapanpos

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook