Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGGARAN KEMISKINAN TABALONG RP12,5 MILIAR

kemiskinan-sapa-tabalong

SAPA -SAP

"Anggaran tersebut belum termasuk program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan dinas sosial atau PNPM yang difasilitasi Bappeda," jelas Afdel saat melakukan ekspos kegiatan penanggulangan kemiskinan di Tanjung, Ibu kota Tabalong.

Tujuh satuan kerja yang melaksanakan kegiatan penanggulangan kemiskinan yakni Kantor penyuluhan pertanian dan tanaman pangan (KPPTP), Distanakkan, Dinas Kehutanan, Disnakertran, Badan Pemberdayaan masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB), Dinas Kesehatan dan bagian ekonomi dan pembangunan, Setda Tabalong.

Dari total anggaran Rp12,5 miliar, paling banyak tersedot pada kegiatan di Dinas Kesehatan sebesar Rp4 miliar sedangkan KPPTP hanya Rp1,7 miliar dan Dinas Kehutanan Rp1,5 miliar.

"Beberapa kegiatan yang terkait penanggulangan kemiskinan diantaranya program kemitraan pengobatan bagi pasien kurang mampu bagi 131 desa di 12 kecamatan," jelas Kadinkes Tabalong, dr Syarifuddin SpOG

Wakil Bupati Tabalong, Muchlis, dalam pemaparannya menyebutkan upaya penanggulangan kemiskinan dilakukan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK) yang dituangkan dalam SK Bupati Tabalong nomor 188 tahun 2001.

"Melakukan koordinasi lintas pelaku pembangunan menjadi salah satu tugas TKPK dengan harapan kegiatan penanggulangan kemiskinan berjalan sesuai rencana yang ditetapkan," jelas Muchlis.

Jumlah penduduk miskin di Tabalong, menurut susenas sebenarnya mengalami penurunan dari 13,03 persen pada 2006 menjadi 6,53 persen pada 2011.

Sementara itu, sebanyak 11.037 rumah tangga menjadi sasaran program perlindungan sosial dengan rincaian 4.163 rumah tangga miskin, 2.981 rumah tangga sangat miskin dan 2.281 yang termasuk kategori rentan miskin.

Seperti dijelaskan Sekretaris Bappeda Tabalong, Arianto, penanggulangan kemiskinan dibagi tiga kelompok.

Tiap kelompok mendapat program berbeda-beda yakni berupa pemberian bantuan dan perlindungan sosial (kelompok 1), pemberdayaan masyarakat (kelompok 3) dan pemberian kredit usaha rakyat (kelompok 3).

 

kalsel dot antaranews dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook