Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

2 TAHUN JELANG LENGSER, SBY FOKUS CIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN

kemiskinan-sapa-ciptakanlapkerSAPA - Pengurangan pengangguran, pengentasan kemiskinan dan peningkatan investasi yang berujung pada majunya perekonomian Indonesia menjadi target utama menjelang dua tahun terakhir masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di hadapan beberapa menteri, SBY meminta jajarannya agar tetap menjaga keamanan pekerjaan (job security) dan terus menciptakan lapangan kerja (job creation).

"Kita senang bersyukur di samping ekonomi tumbuh, tahun demi tahun pengangguran dan kemiskinan berkurang, tapi kita merasa belum cukup kita menyadari bahwa masih harus kita turunkan lagi angka pengangguran dan kemiskinan itu," kata SBY saat membuka sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/12).

Langkah pertama yang akan dilakukan pemerintah adalah menjaga keamanan kerja (job security) untuk memastikan tidak ada pengangguran baru akibat lay off atau penutupan perusahaan. Salah satu cara yang dilaksanakan adalah pemerintah pusat dan daerah bekerja sama dengan federasi setempat.

"Pusat dan daerah bekerja sama dengan federasi supaya betul-betul tidak mudah terjadi PHK atau gelombang pengangguran baru. Mari kita berpikir job security," tandasnya.

Berikutnya, Presiden meminta agar Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta kementerian terkait lainnya untuk melihat slot pekerjaan di Pegawai Negeri Sipil, militer dan kepolisian untuk menciptakan lapangan kerja bary. Ketiga tempat itu menjadi sumber perekrutan sumber daya manusia baru mengingat ada beberapa pegawai yang mulai pensiun atau keluar.

"Beberapa saat lalu ada moratorium, tapi setelah itu tentu ada proses. Mari kita hitung dengan baik, insya Allah pengangguran terus kita turunkan dan job jadi berkualitas baik di jalan pemerintahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup dan berkurang kemiskinan," lanjutnya.

"Situasi itu yang terus kita pacu dan kembangkan dengan mekanisme ekonomi sehingga secara alamiah terjadi penciptaan lapangan kerja.

Itu kembali pada iklim, kepastian hukum, tidak ada pungli, tidak ada hambatan investasi dan dunia usaha dan terus kita lakukan perbaikan.

Mari pertama-tama think of mechanism, banyak yang kurang paham betul teriak-teriak ingin menciptakan lapangan kerja, tapi kebijakan yang ditempuh tidak menuju ke situ. Investasi tidak terjadi, jalan di tempat, mana mungkin bisa kurangi kemiskinan," pungkasnya.


Sumber : Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

SAPA INDONESIA - TIGA kecamatan masih mendominasi desa rawan...
KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Purworejo menargetkan...
ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENURUT data dari BPS Boyolali, data makro...
KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

SAPA INDONESIA - KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook