Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ALOKASI DANA PNPM-MP AGAM CAPAI 28,9 MILIAR

kemiskinan-sapa-sumbarpnpmpdSAPA - Alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat sebanyak Rp28,900 miliar pada tahun 2013.

"Tahun 2012 dana PNPM sebanyak Rp12,651 miliar pada 2013 menjadi Rp28.900 miliar, dana ini meningkat sekitar 140 persen," kata Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Pembangunan Partisipatif Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam, Villa Erdi di Lubuk Basung.

Menurutnya, dana ini akan disalurkan melalui bantuan langsung masyarakat (BLM) sebesar Rp27,455 miliar dari APBN 2013. Sementara dana pendamping yang dianggarkan Pemkab Agam dalam APBD sebesar Rp1,445 miliar.

Sedangkan tahun 2012, dana BLM sebesar Rp12,018 miliar dan APBD Pemkab Agam Rp633 juta dan realisasi dana tahun ini mencapai 92,33 persen.

Selain itu, peningkatan dana PNPM-MP terjadi di 16 kecamatan, yakni di Tanjung Raya, Lubukbasung, Ampek Nagari, Matur, Ampek Koto, Malalak, Kamang Magek, Palembayan, Kecamatan Sungai Pua, Ampek Angkek Canduang, Canduang, Baso, Tilatang Kamang, dan Palupuah.

Dia menambahkan, dana PNPM-MP tersebut dimanfaatkan untuk rehab pasar pembuatan jalan, pembuatan jembatan, pembangunan gedung TK dan sekolah, perbaikan irigasi, pembuatan prasarana umum, simpan pinjam perempuan (SPP) dan lain sebagainya.

"Seperti peningkatan jalan melalui BLM dan swadaya, bantuan ini masyarakat merasa sangat terbantu untuk mengurangi biaya dalam membawa hasil pertanian mereka tingkatkan kesejahteraan warga setempat," katanya.

Kegiatan PNPM ini telah dilaksanakan di sebanyak 90 lokasi dimana 68 jorong yang melaksanakan kegiatan ini telah mencapai MDST sedangkan untuk 22 jorong belum mencapai MDST, dimana akhir tahun ini keseluruhannya harus MDST.

"Untuk kegiatan fisik telah mencapai 88 persen di luar SPP, sedangkan untuk pengambilan dana tersebut melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi," tambahnya.

Ke depan, tambah dia, dana PNPM-MP akan disinergikan dengan Dana Alokasi Umum Nagari (DAUN) di 82 nagari se-Agam, sehingga pembangunan sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah.


Sumber : Sumbar online dot com

Terpopuler

Terbaru

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menuturkan...
KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes...
LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

SAPA INDONESIA - WARGA Jepara semakin dimudahkan dalam melaporkan...
BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

SAPA INDONESIA - PUNCAK acara Gebyar PKL Kabupaten Kudus ke-5...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook