Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENKO KESRA GANDENG KEJAKSAAN SELIDIKI DANA PNPM

kemiskinan-sapa-temnasSAPA - Ada banyak kendala terkait kegagalan penyaluran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Diantaranya karena faktor fasilitatornya yang tidak tangguh dan juga karena dananya dikorupsi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pembentukan kelompok binaan fiktif.

"Kami bekerjasama dengan pihak kejaksaan terus mengusut kasus penyelewengan dana PNPM dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Deputi Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Sujana Royat, pada Temu Nasional ke-5 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Menurutnya, sekitar 40 kasus penyelewengan dana PNPM Mandiri sedang dalam proses pemberkasan di pihak yang berwajib. Bahkan satu orang diantaranya sudah dijatuhi hukuman. "Total korupsi yang merupakan akumulasi sejak PNPM dimulai pada 2007 hingga 2012 mencapai Rp 200 miliar. Hal ini perlu diinformasikan agar dikemudian hari ada efek jera sehingga tidak mencoba-coba lagi," kata Sujana.

Pada tahun 2011, pelayanan PNPM Mandiri sudah dilaksanakan di 6.328 kecamatan di seluruh Indonesia dan akan berlanjut hingga tahun 2012.

PNPM Mandiri Inti akan mencakup di 6.623 kecamatan. Program ini akan didukung 30 ribu fasilitator sebagai pendamping masyarakat dan didukung dengan penyaluran bantuan langsung masyarakat sebesar Rp 10,31 triliun yang berasal dari APBN dan APBD.

 

Sumber : Lensaindonesia dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook