Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB TABALONG : ANGKA KEMISKINAN TURUN 6,53 PERSEN

kemiskinan-sapa-angkakemsknnSAPA - Pemerintah Kabupaten Tabalong membeberkan telah berhasil mengurangi angka kemiskinan di daerahnya. Hal itu diketahui saat jajaran pejabat pemerintah setempat melakukan ekpose di Wisma Tamu Pendopo Bersinar Tanjung, Tabalong belum lama tadi.

Berdasarkan data kemiskinan yang diungkapkan Wakil Bupati Tabalong H Muchlis, tahun 2012 angka rumah tangga miskin (RTM) menurut pemantauan pemerintah berjumlah 11.307, dimana angka kemiskinan itu terus mengalami penurunan dengan rata-rata per tahun 6,53%. Sehingga pada Maret 2012 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Tabalong berjumlah 40.374 orang.

Dipaparkannya, meskipun demikian pemerintah tidak lantas mengendorkan upaya dalam penanggulangan kemiskinan, tetapi terus membenahi kekurangan dalam pelaksanaannya melalui koordinasi yang lebih intensif antar sektor, dan dengan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat.

"Upaya penanggulangan kemiskinan merupakan amanat konstitusi yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang dasar 1945 Amandemen keempat. Sesuai dengan amanat konstitusi tersebut maka tujuan penanggulangan kemiskinan dalam jangka panjang adalah mewujudkan penghormatan," sebutnya.

Perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat miskin secara bertahap agar dapat menjalani kehidupan yang bermartabat, serta menurunkan jumlah penduduk miskin. Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mendukung pencapaian tujuan Pembangunan Milenium (Milineum Development Goals/MDGs), lanjutnya.

Bahkan, dia pun mengutip Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, bertujuan untuk meningkatkan efektifitas upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan, kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2010 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

Berdasarkan hal tersebut maka dibentuklah Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Tabalong yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Tabalong Nomor : 188.45/252/2011 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Tabalong yang merupakan tempat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Tingkat Kabupaten/Kota.

"TKPK mempunyai tugas untuk melakukan koordinasi lintas pelaku pembangunan agar pelaksanaan dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan," jelasnya, sambil memaparkan tugas TKPK.

Adapun tugas TKPK Kabupaten Tabalong sampai dengan tahun 2012 ini adalah menyusun kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Melakukakan sinergi melalui sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi program-program penanggulangan kemiskinan. Serta, melakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Pada kesempatan ekpose itu, wabup didampingi seluruh kepala dinas, bagian dan badan di lingkungan Pemkab Tabalong. Mereka berperan, ketika ada pertanyaan dari jurnalis terkait masalah teknis, maka mereka pun menjelaskannya. Sehingga, lebih jelas.


Sumber : Radar Banjarmasin

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...
PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, kebijakan...
KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (...
DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa di era kepemimpinan Presiden...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook