Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA PNPM MANDIRI RENTAN KORUPSI

kemiskinan-sapa-sr2

SAPA - Sujana Royat selaku Deputi Menko Kesra bidang Penanggulangan Kemiskinan mengakui dana yang diberikan oleh pemerintah kepada kelompok binaan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) rentan dikorupsi fasilitator.
"Saat ini ada 40 kasus penyelewengan dana PNPM Mandiri. Para pelaku sudah dipidanakan. Satu orang sudah dijatuhi hukuman. Total korupsi mencapai Rp 200 miliar," katanya, di sela Temu Nasional PNPM Mandiri 2012 bertajuk 'Membangun Kemitraan dalam Penanggulangan Kemiskinan Menuju Sebuah Gerakan' di Jakarta, Selasa (4/12/2012).
Sujana yang juga Ketua Kelompok Kerja Pengendali PNPM Mandiri, menyebutkan, angka korupsi Rp 200 miliar itu, akumulasi sejak PNPM dimulai pada 2007 hingga 2012. Saat ini sudah ada 17 fasilitator yang jadi buron polisi dan masuk Daftar Pencarian Orang.
Menurutnya, motif penyelewengan atau korupsi para fasilitator, dengan cara membuat kelompok binaan fiktif. Untuk mencegah korupsi, ia meminta peran pemerintah daerah untuk membina dan mengawasi pelaksanaan PNPM di masing-masing wilayah.
Pada 2011, pelayanan PNPM Mandiri sudah dilaksanakan di 6.328 kecamatan di seluruh Indonesia dan akan berlanjut hingga tahun 2012. PNPM Mandiri Inti akan mencakup di 6.623 kecamatan. Program ini akan didukung 30 ribu fasilitator sebagai pendamping masyarakat dan didukung dengan penyaluran bantuan langsung masyarakat sebesar Rp 10,31 triliun yang berasal dari APBN dan APBD.
Meski ada kasus korupsi, ia menekankan, selama 15 tahun pelaksanaan PNPM Mandiri, dapat mendobrak kesejahteraan masyarakat.
"Diharapkan pada 2015, kemandirian dan keberdayaan masyarakat telah terbentuk sehingga keberlanjutan program dapat terwujud," tambahnya.
Dikatakan, agar PNPM Mandiri terus bergulir, diperlukan kemitraan dengan memperkuat partisipasi dan komitmen seluruh pihak. Ini menjadi semacam komitmen bersama untuk mengawal 'Peta Jalan Pemberdayaan Masyarakat' menuju Indonesia Sejahtera.

 

lensaindonesia dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook