Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPS : KEMISKINAN DI GARUT TERTINGGI DI JABAR

kemiskinan-sapa-garuttertinggiSAPA - Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendadak ramai menjadi perbincangan banyak pihak. Ini terjadi lantaran polemik nikah kilat Bupati Garut Aceng Fikri. Bupati Aceng menikahi Fani Octora, 18 tahun, Juli silam. Empat hari kemudian Fani diceraikan melalui SMS.

Aceng dikecam banyak pihak. Sebagai pejabat publik, Aceng dinilai tidak memberikan contoh yang baik. Aceng membela diri. Ia menjelaskan sudah berdamai baik-baik dengan Fani. Bahkan, ia memberikan uang "ganti rugi" sebesar Rp20 juta kepada Fani. Keluarga Fani mengaku terpaksa menerima uang itu untuk memperbaiki rumah yang roboh.

Tak mudah mengaitkan masalah nikah siri Aceng ini didorong oleh kemiskinan keluarga Fani. Namun, warga Garut memang masih didera masalah kemiskinan. Dibandingkan daerah lain di Jawa Barat, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Garut merupakan yang tertinggi.

Menurut data Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut, sekitar 300 ribu orang atau hampir 50 persen warga Garut masuk katagori miskin. Jumlah ini meningkat 40 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Secara nasional, jumlah penduduk miskin Indonesia dibawah 12 persen.

Dari jumlah keluarga miskin itu, 45 ribu anak dilaporkan telantar. Lebih dari 6.000 keluarga dalam kondisi rentan sosial-ekonomi, 40 ribu perempuan rawan sosial-ekonomi, dan 56 ribu keluarga tinggal di rumah tidak layak huni. Sebagian besar penduduk miskin di Garut bekerja sebagai buruh tani. Mayoritas mereka tinggal di perdesaan, hanya 15 persen yang berada di kota.


Sumber : Metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

SAPA INDONESIA - PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Perum...
MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo...
TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Kebumen Yazid Mahfudz membuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook