Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMDA MALUKU OPTIMIS ANGKA KEMISKINAN TAHUN 2013 CAPAI 12, 5 %

kemiskinan-sapa-angkakemsknsnmalukuSAPA - Pemerintah Daerah Maluku optmis tahun 2013 mendatang angka kemiskinan di Maluku sudah mencapai 12,5 persen, hal ini juga merupakan target dari Pemerintah Daerah dan telah dijustifikasi dalam RP JMD Provinsi Maluku tahun 2008-2013.

Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Assiten III Setda Maluku, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan kemiskinan tingkat Provinsi Maluku yang berlangsung di Hotel Aston, Rabu (5/12).

Jelasnya, kebijakan Pemerintah Provinsi Maluku melalui implementasi program pembangunan penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan, seperti prora, wajar Sembilan tahun, BOS, Jamkesmas, perbaikan gizi masyarakat, Jamkesda, program, [emberdayaam petani, nelayanan termasuk kelompok usaha ekonomi produktif dan lain sebagainya.

Pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat melalui dukungan APBD maupun APBN telah berhasil menurunkan angka kemiskinan selama 5 tahun terakhir di Maluku sebesar 41.070 jiwa atau 7,88 persen dari 21,78 pada keadaan bulan Maret.

Dikatakan, untuk mendorong pencapaian target kemiskinan tahun 2013 sebesar 12,5 maka pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menurunkan agka kemiskinan sebesar 9,28 persen dari angka kemiskinan saat ini sebesar 21,78 persen.

Memang untuk menurunkan angka kemiskinan sebesar 9,28 persen dalam kurun waktu satu tahun tidaklah mudah, tetapi apabila hal ini dapat dilakukan secara bersama, karena tanggungjawab dan komitmen membangun Maluku untuk semua.

"Saya sangat optimis agka kemiskinan sebesar 12,5 pada tahun 2013 akan tercapai," tegas Ralahalu.

Menurutnya, penanggulangan kemiskinan bukan saja menjadi tanggungjawab Pemerintah, tetapi juga merupakan bagian dari tanggungjawab semua komponen bangsa dan daerah ini. Keterlibatan lembaga swadaya masyarakat dalam percepatan penurunan angka kemiskinan harus terus difasilitasi, sehingga dapat mgembangkan program-program strategis penanggulangan kemiskinan yang telah dan akan dilaksanakan, sekaligus untuk menunjang serta mendukung kebijakan Pemeritah dalam upaya mensejahterakan masyarakat Maluku.

Selanjutnya, keterlibatan Dunia Perguruan Tinggi yang ada di Daerah, khususnya UKIM dan Darusalam harus dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan kajian dan pemetaan kemiskinan di Maluku, sekaligus menyusun strategis penanggulangan kemiskinan di Provinsi Maluku, yang akan menjadi landasan kebijakan pemerintah serta stakeholders lainnya dalam merencanakan dan melaksanakan program penanggulangan kemiskinan secara bersinergi dan berkesinambungan.

Selain itu dikatakan, Ketua Panitia bahwa Rakor penanggulangan kemiskinan ini bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan penangulangan kemiskinan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan berusaha untuk menurunkan angka kemiskinan disetiap daerah.

Diharapkan dari Rakor ini dapat tersusunya program kemiskinan yang akan dilaksanakan oleh pemda dengan komitmen bersama antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menurunkan angka kemiskinan.


Sumber : berita maluku

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook