Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DIPERLUKAN UPAYA KOMPREHENSIF TERINTEGRASI ATASI KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-agunglaksono

SAPA - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan untuk menanggulangi kemiskinan diperlukan upaya yang komprehensif dan terintegrasi dari semua pemangku kepentingan.

"Karena itu formulasi khusus yang dilakukan adalah mengidentifikasi kelompok-kelompok miskin yang ada melalui perbaikan data terpadu dan melakukan konsolidasi program-program penanggulangan kemiskinan ke dalam empat kluster program," katanya dalam Peluncuran Kampanye Berdayakan Generasi Muda di Jakarta, Kamis.

Selain itu, kata dia, mengintegrasikan program-program tersebut dengan perencanaan pembangunan di daerah dan membangun kemitraan efektif untuk keberlanjutan program.

Di sisi lain, kata dia, untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur mengingat Indonesia memiliki wilayah yang luas.

"Indonesia yang merupakan negara kepulauan dituntut untuk memiliki pelabuhan, pasar, jembatan, dan lain-lain," kata dia.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan MP3EI untuk mendorong percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi melalui pembangunan di enam koridor ekonomi.

"Upaya tersebut ditujukan untuk mempercepat peningkatan investasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam rangka memperluas kesejahteraan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja," kata dia.

Selain itu, katanya, pentingnya Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI) dalam rangka memaksimalkan manfaat MP3EI dan untuk mendorong terwujudnya pembangunan yang inklusif dan berkeadilan.

Ia mengatakan untuk memutus mata rantai kemiskinan maka diberikan jaminan kesehatan dan pendidikan.

"Dalam menjamin itu semua kemitraan antarmasyarakat dengan masyarakat menjadi sangat penting karena tanpa kerjasama kedua belah tidak akan dapat terlaksana," kata dia. (*/sun)

Terpopuler

Terbaru

INI LOKASI 12,7 JUTA HEKTAR LAHAN YANG SIAP DIMANFAATKAN WARGA MISKIN

INI LOKASI 12,7 JUTA HEKTAR LAHAN YANG SIAP DIMANFAATKAN WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan...
BANTUAN RASKIN DIDUGA TAK SESUAI

BANTUAN RASKIN DIDUGA TAK SESUAI

SAPA INDONESIA - KALANGAN anggota DPRD Kabupaten Magelang,...
DUA BULAN SEKALI SAMBANGI WARGA MISKIN

DUA BULAN SEKALI SAMBANGI WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH perempuan renta rela antre demi mendapatkan...
BUPATI KUDUS LAUNCHING K-119 UNTUK KECEPATAN DAN KETEPATAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN

BUPATI KUDUS LAUNCHING K-119 UNTUK KECEPATAN DAN KETEPATAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN

SAPA INDONESIA - GEBRAKAN untuk melayani kesehatan gratis telah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook