PENERIMA BANTUAN KEMISKINAN 2015 DI YOGYAKARTA MENINGKAT


SAPA
– BANYAKNYA penerima bantuan keuangan khusus yang ditujukan bagi warga miskin di Kota Yogyakarta dari Pemerintah DIY pada 2015 meningkat dibanding tahun 2014 sebelumnya.

“Berdasarkan keputusan gubernur, jumlah penerima bantuan keuangan khusus tahun ini ditetapkan sebanyak 2.551 orang,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad di Yogyakarta, Jumat.

Pada tahun lalu, jumlah penerima bantuan keuangan khusus di Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 1.234 orang.

Meskipun jumlah penerima meningkat, namun besaran bantuan yang akan diberikan tetap, yaitu Rp1 juta per orang sehingga total anggaran yang disiapkan untuk bantuan itu adalah Rp2,551 miliar.

Mekanisme pencairan bantuan pun masih tetap sama seperti tahun lalu, yaitu setiap penerima diminta membentuk kelompok yang beranggotakan sekitar 10 penerima.

“Nantinya, pencairan bantuan dilakukan melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta,” kata Edy yang masih menunggu petunjuk teknis pencairan dari Pemerintah DIY.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Hadi Muchtar mengatakan, di dalam surat keputusan gubernur tersebut telah dicantumkan nama dan alamat penerima.

“Hari ini baru proses penyerahan dari Bappeda ke kami. Pekan depan, kami akan mulai menyiapkan tim untuk mencermati data,” katanya.

Tim tersebut, lanjut Hadi, juga akan diturunkan secara langsung ke lapangan untuk melakukan verifikasi data.

Ia pun bersyukur, jumlah penerima bantuan keuangan khusus pada tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu sehingga proses pengentasan kemiskinan bisa dilakukan lebih optimal.

Bantuan yang diterima harus digunakan untuk keperluan pemberdayaan atau usaha. Pada tahun lalu, sebagian besar penerima memanfaatkan bantuan untuk usaha di bidang makanan, dan usaha jual beli bensin eceran hingga tambal ban.

“Kami belum bisa melakukan evaluasi mengenai pemanfaatan dana tahun lalu. Mungkin evaluasi baru bisa dilakukan enam bulan ke depan,” kata Hadi yang siap memberikan pendampingan terhadap penerima saat pembentukan kelompok.

antarayogya dot com
                                                                Penanggulangan Kemiskinan – Melawan Pemiskinan – Indeks Kesejahteraan Rakyat – Dana Desa – Desa Membangun – TKPK – Gerakan Desa – Data Pembangunan

Terkait lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *