Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH BELUM SERIUS KEMBANGKAN KOPERASI

kemiskinan-sapa-pengembanganumkmSAPA - Pemerintah dinilai belum serius meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menanggulangi kemiskinan, melalui pengembangan koperasi. Demikian menurut Deputi National Executive Secretary Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) M.Firdaus.

"Pertumbuhan koperasi yang baik di tiap Kabupaten kurang dari 10 koperasi dalam setahun, meski anggaran buat pengembangan koperasi sebesar Rp1,4 triliun lebih di RAPBN 2013," katanya dalam Seminar Nasional "Urgensi Pengembangan UMKM bagi Penanggulangan Kemiskinan Perempuan melalui Pengambangan UMKM", Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Menurutnya, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdasarkan data Kementerian UMKM dan Koperasi sebesar 53,823.732. Jika data serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dikorelasikan dengan jumlah usaha mikro 53.207.50, berarti pembiayaan KUR baru berdampak sekitar 13% atau sekitar 947.423 pelaku usaha mikro.

"Bila usaha mikro yang berjumlah 53.207,500 diasumsikan 60 persennya merupakan perempuan pengusaha. Berarti dari angka serapan KUR baru berdampak pada perempuan pelaku usaha mikro sebesar 22 persen," tuturnya. Kondisi ini, kata Firdaus, berdampak kepada peningkatan kesejahteraan kaum perempuan miskin yang tetap mempriharinkan, meski Indonesia di nilai memiliki pertumbuhan positif.

 

"Minimnya ruang dan akses perempuan dalam bidang ekonomi di pedesaaan membuatnya pergi ke kota untuk bekerja di pabrik," ujarnya. Padahal, pengembangan UMKM dikalangan perempuan bisa menjadi potensi untuk menanggulangi kemiskinan, sehingga pemerintah harus benar-benar serius mengembangkan koperasi di setiap daerah. "Hal itu bisa di lihat dari keterlibatan perempuan dalam ketenagakerjaan sebagai pengusaha yang menunjukan jumlah besar dibandingkan laki-laki," ucapnya.


Sumber : Inilah dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - UPAYA pemberdayaan, atau dengan memberi pekerjaan...
LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

SAPA INDONESIA - ADA replika buah semangka di gerbang masuk...
PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

SAPA INDONESIA - DPRD Kabupaten Pekalongan menilai kinerja...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook