Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH BELUM SERIUS KEMBANGKAN KOPERASI

kemiskinan-sapa-pengembanganumkmSAPA - Pemerintah dinilai belum serius meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menanggulangi kemiskinan, melalui pengembangan koperasi. Demikian menurut Deputi National Executive Secretary Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) M.Firdaus.

"Pertumbuhan koperasi yang baik di tiap Kabupaten kurang dari 10 koperasi dalam setahun, meski anggaran buat pengembangan koperasi sebesar Rp1,4 triliun lebih di RAPBN 2013," katanya dalam Seminar Nasional "Urgensi Pengembangan UMKM bagi Penanggulangan Kemiskinan Perempuan melalui Pengambangan UMKM", Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Menurutnya, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdasarkan data Kementerian UMKM dan Koperasi sebesar 53,823.732. Jika data serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dikorelasikan dengan jumlah usaha mikro 53.207.50, berarti pembiayaan KUR baru berdampak sekitar 13% atau sekitar 947.423 pelaku usaha mikro.

"Bila usaha mikro yang berjumlah 53.207,500 diasumsikan 60 persennya merupakan perempuan pengusaha. Berarti dari angka serapan KUR baru berdampak pada perempuan pelaku usaha mikro sebesar 22 persen," tuturnya. Kondisi ini, kata Firdaus, berdampak kepada peningkatan kesejahteraan kaum perempuan miskin yang tetap mempriharinkan, meski Indonesia di nilai memiliki pertumbuhan positif.

 

"Minimnya ruang dan akses perempuan dalam bidang ekonomi di pedesaaan membuatnya pergi ke kota untuk bekerja di pabrik," ujarnya. Padahal, pengembangan UMKM dikalangan perempuan bisa menjadi potensi untuk menanggulangi kemiskinan, sehingga pemerintah harus benar-benar serius mengembangkan koperasi di setiap daerah. "Hal itu bisa di lihat dari keterlibatan perempuan dalam ketenagakerjaan sebagai pengusaha yang menunjukan jumlah besar dibandingkan laki-laki," ucapnya.


Sumber : Inilah dot com

Terpopuler

Terbaru

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMBINAAN kepada kepala desa dan perangkat...
MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

SAPA INDONESIA - BUPATI Malang Dr Rendra Kresna mengakui kemiskinan...
SIAPA SAJA YANG LAYAK MENIKMATI SUBSIDI LISTRIK?

SIAPA SAJA YANG LAYAK MENIKMATI SUBSIDI LISTRIK?

SAPA INDONESIA - PT PLN (Persero) pada Januari sampai Maret...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook