Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENDAPATAN DAERAH BALI PADA TAHUN 2013 DITARGETKAN Rp. 3,56 TRILIUN

kemiskinan-sapa-pendapatandaerahSAPA - Pendapatan daerah Provinsi Bali pada 2013 ditarget Rp.3,56 triliun dengan sektor pendapatan terbesar dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

"Pendapatan daerah pada 2013 meningkat sebesar 9,81 persen dibandingkan pendapatan tahun ini," kata Ketua DPRD Bali Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi dalam sidang paripurna pengesahan RAPBD 2013, di gedung dewan setempat, di Denpasar, Jumat.

Ia menyampaikan, peningkatan pendapatan daerah tersebut terutama bersumber dari pendapatan asli daerah (khususnya pajak daerah) dengan rencana target Rp1,93 triliun, dana perimbangan Rp928,19 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah Rp.710,2 miliar.

"Baik PAD, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah, semuanya mengalami peningkatan dibandingkan APBD induk tahun anggaran 2012. Untuk PAD meningkat sebesar 10,20 persen, dana perimbangan naik 8,91 persen dan lain-lain pendapatan daerah yang sah meningkat 9,91 persen," katanya.

Sementara untuk belanja daerah tahun anggaran 2013, Pemprov Bali menyusun sebesar Rp4,18 triliun atau meningkat sebesar 14,46 persen dibandingkan tahun anggaran 2012.

Dari belanja daerah tersebut, kata dia, digunakan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp.2,71 triliun dan belanja langsung yang dirancang Rp.1,47 triliun. Jadi, pada APBD 2013 akan terdapat defisit sebesar Rp.617, 10 miliar, "Belanja tidak langsung digunakan untuk belanja pegawai, belanja subsidi, belanja hibah, belanja bantuan sosial, belanja bagi hasil kepada kabupaten/kota, pemerintah desa dan parpol serta belanja tidak terduga," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan walaupun terdapat defisit dipastikannya tidak sampai pemerintah daerah mengutang karena sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tahun sebelumnya saja sebesar Rp.610 miliar lebih dan pencairan dana cadangan.

Pemerintah Provinsi Bali, kata Pastika, pada 2013 masih akan memprioritaskan program-program peningkatan kesejahteraan rakyat seperti bedah rumah, sistem pertanian terintegrasi, gerakan pembangunan desa terpadu, beasiswa pendidikan dan sebagainya.

"Saya bercita-cita tingkat kemiskinan di Bali nanti bisa tinggal satu persen. Jika dibarengi upaya serius dan kompak, saya yakin kemiskinan di daerah kita bisa diselesaikan lebih cepat," ujarnya. Bahkan Pemprov Bali paling tidak dalam lima tahun ke depan ingin mencapai APBD Bali sebesar Rp.10 triliun.


Sumber : Ciputra News

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook