Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DILLON : JANGAN TERLALU BERHARAP PADA ASING

kemiskinan-sapa-dillon

SAPA - Utusan Khusus Presiden RI, HS Dillon, mengingatkan bangsa Indonesia agar tidak terlalu berharap kepada bangsa asing, terutama dalam penanggulangan kemiskinan. Ia tidak percaya bangsa asing, baik dari timur maupun barat mau memperjuangkan nasib bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia sendirilah yang harus berjuang, untuk menangani persoalan kemiskinan," ujar Dilon dalam Acara Penanggulangan Kemiskinan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Balai Petitih, Kantor Gubernur, Jumat (14/12/12).

Menurutnya, kemiskinan di Indonesia telah menahun sehingga tertanam di dalam tulang bahkan sampai ke otak. Kondisi Ini diperparah lagi dengan kurangnya kesadaran sesama rakyat untuk membangun diri sendiri.

"Contoh, sebesar Rp175 triliun uang setiap tahun dibakar untuk konsumsi rokok dan sebagian dari uang tersebut berasal dari masyarakat miskin. Kemudian, zakat yang terkumpul baru 3 persen dari potensi yang ada," terangnya.

Pada kesempatan itu, Dillon juga memaparkan tentang program untuk rakyat miskin yang kerap diselewengkan.

"Beras miskin (raskin) cenderung dibagi rata-rata dari 15 kilogram menjadi 3,8 kilogram. Bahkan, Beasiswa Miskin (BSM) tinggal 40 persen yang jatuh ke siswa miskin akibat penetapan calon penerima yang kurang cermat," katanya dengan nada kesal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assofie, menyebutkan di provinsi ini masih ada tujuh Kabupaten yang tingkat kemiskinannya relatif tinggi yakni berada di angka 8. "Kendati demikian angka tersebut masih lebih tinggi dibanding beberapa daerah di pulau Jawa yang mencapai 9," terang Hamdy.

Ditambahkannya bahwa Pemerintah terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan di ketujuh daerah tersebut, dengan menargetkan berada di angka 7 tahun 2013. "Salah satu upaya Pemerintah daerah untuk menekan angka kemiskinan yakni membuka lapangan pekerjaan dengan menawarkan investasi di sektor perkebunan dan pertambangan," tandasnya. (Boyke Sinurat/LL/BCS)

 

rri dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook