Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ACEH BESAR DAPAT BANTUAN DANA PNPM SEBESAR Rp. 37,7 MILIAR

kemiskinan-sapa-bantuanpnpmSAPA - Pada tahun 2013, Kabupaten Aceh Besar kembali mendapatkan alokasi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) sebanyak Rp 37,7 miliar untuk menunjang pembiayaan pembangunan di 604 gampong. "Kita kembali mendapatkan dana bantuan PNPM MPd di tahun 2013, lebih banyak Rp 5 miliar dibandingkan 2012,"kata Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah.

Dikatakannya, bantuan dana tersebut sangat membantu pemerintah daerah, apalagi di tengah terbatasnya kemampuan APBK saat ini. Bupati menjelaskan, kegiatan PNPM sudah dimulai tahun 2007 meliputi PNPM-PPK dan PNPM BRR dan PNPM MPd, dan telah terserap dana bantuan langsung masyarakat (BLM) hingga Rp 171,5 miliar.

"Anggaran ini disalurkan dalam bentuk pembangunan sarana prasarana perdesaan 66,3%, kegiatan ekonomi simpan pinjam perempuan (SPP) 17,92%, kegiatan bidang pendidikan 6,51% dan kegiatan bidang kesehatan 8,78%. Sementara pada tahun 2012, Aceh Besar juga mendapat alokasi dana Rp 40,5% yang digunakan sebagai dana operasional kegiatan pelatihan, perencanan dan ruang belajar masyarakat," sebutnya.

 

Peresmian Fasilitas 

Kemarin, Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Tamizi A Karim, meresmikan sejumlah fasilitas masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.Fasilitas desa yang diresmikan yakni Jaringan irigasi Desa Weulkhok di Kecamatan Montasik, pengerasan jalan BKPG 2012 di Desa Nusa Kecamatan Lhoknga, jaringan irigasi PNPM Integrasi-P2MKM 2012 di Desa Cundien Kecamatan Lhoong dan pengaspalan jalan PNPM Integrasi-P2MKM 2012 di Desa Payah Kameng Kecamatan Mesjid Raya.

Dirjen mengatakan, fasilitas pendukung bagi masyarakat di Aceh Besar ini sepenuhnya menjadi program yang direncanakan, dilakukan dan diawasi oleh masyarakat. "Sehingga dapat dipastikan fasilitas yang dibangun merupakan kebutuhan prioritas masyarakat di samping usulan lainnya yang juga diajukan dalam musyawarah desa," katanya.

Sebelumnya Dirjen mengatakan PNPM MPd yang digulirkan pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan. "Program PNPM MPd telah menjadi program percontohan. Hal ini diakui oleh sejumlah negara dunia dalam beberapa forum pertemuan internasional," kata Tarmizi.

Sementara Direktur Kelembagaan dan Pelatihan Masyarakat Ditjen PMD Kementerian Dalam Negeri, Kunwildan mengatakan, program yang selama ini digulirkan melalui PNPM MPd menjadi ujung tombak dalam mendorong pemberdayaan masyarakat.

"Untuk mendukung program ini juga telah disiapkan aturan yang sedemikian rupa sehingga meminimalisir ruang untuk terjadinya penyimpangan," tegas Kunwildan.

 

Medan Bisnis

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook