Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BUPATI WONOGIRI PROTES KE PUSAT, KARENA WARGANYA BERKURANG

kemiskinan-sapa-BupatidanarrahmantoSAPA - Bupati Wonogiri Danar Rahmanto memprotes Kementerian Dalam Negeri yang dianggap mengaburkan data kependudukan Wonogiri yang berjumlah 1.250.000 jiwa hingga tinggal 842.708 orang. Karena konsekuensi dari penyusutan jumlah itu, Wonogiri dirugikan dalam segala aspek sosial maupun politik. "Ini sungguh merugikan Wonogiri secara keseluruhan, sehingga harus diluruskan. Saya telah melayangkan surat protes, agar ada penghitungan ulang sehingga hak-hak Wonogiri untuk mensejahterakan rakyat di segala bidang bisa kongkrit," kata Danar.

Dia paparkan, penyusutan jumlah warga Wonogiri yang mencapai ratusan ribu jiwa itu terjadi, karena Kementerian Dalam Negeri mendasarkan penghitungan pada warga mukim atau menetap di wilayah, sementara Pemkab Wonogiri melakukan pendataan berdasarkan jumlah riil, termasuk mereka yang selama ini sekolah atau bekerja di tanah rantau namun masih sebagai warga asli dengan KTP Wonogiri. Sejauh ini data yang Pemkab Wonogiri ke Kementerian Dalam Negeri sama persis dengan yang disampaikan oleh Gubernur Jateng, yakni 1.250.000 jiwa.

"Nah kalau gubernur itu sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, dan datanya sama dengan yang ada di Pemkab Wonogiri, kenapa Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan data resmi yang berbeda, dan merugikan lagi.Karena itu harus diluruskan kembali," tandas bupati Wonogiri itu.

Yang jelas, dengan adanya penyusutan jumlah warga ini akan berimbas pada alokasi kursi DPRD Wonogiri pada hasil Pemilu Legislatif 2014. Sebab sesuai ketentuan UU 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR,  DPD, dan DPRD bagian ketiga pasal 26,disebutkan, bahwa daerah dengan jumlah penduduk antara 500.000 hingga 1 juta jiwa hanya memperoleh 45 kursi.

Ketua KPU Wonogiri Joko Purnomo kepada Media Indonesia mengatakan, pada Pemilu 2009, jumlah penduduk Wonogiri 1,2 juta jiwa, tapi sekarang jadi 842.708 jiwa. Otomatis alokasi kursi DPRD berkurang dari 50 kursi menjadi 45 kursi.

Tidak hanya persoalan jumlah kursi DPRD yang kurang terkait imbas dari berkurangnya jumlah penduduk. Bupati Danar Rahmanto mengatakan, akan ada penyusutan dana alokasi umum (DAU) yang bakal diterima Pemkab Wonogiri.

Padahal, selama ini DAU menjadi sumber utama pendapatan Wonogiri sehingga jika nilainya berkurang dikhawatirkan mengganggu keuangan daerah. Hal sama diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri Joko Sutopo, penyusutan jumlah penduduk merugikan kepentingan warga miskin di Wonogiri. "Tentu penyusutan jumlah penduduk ini akan memperngaruhi jumlah penerima Jamkesmas, warga penerima raskin pun juga akan berkurang.

Jadi harus disikapi secara serius, dan harus ada revisi lagi," papar Jekek, panggilan akran pentolan PDI Perjuangan Wonogiri itu.

Bupati Danar menambahkan, dengan penyusutan, maka jumlah warga miskin Wonogiri yang tadinya mencapai 30 persen menjadi tinggal 5 persen versi Kementerian Dalam Negeri. Dengan kondisi seperti itu, kuota penerima Jamkesmas yang tadinya mencapai 331 ribu orang berkurang hingga tinggal 273 ribu jiwa, dan penerima jatah raskin yang mencapai 73.439 orang tinggal 70.569 orang. "Jadi data yang diberikan Kementerian Dalam Negeri itu sekali lagi, jelas merugikan Pemkab Wonogiri dan rakyatnya. Yang begini jelas tidak bisa didiamkan," kata dia.


Sumber : Lampost dot co

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook