Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MULAI DIBAGIKAN KARTU JAMKESMAS 2013

SAPA - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mulai membagikan kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) untuk periode 2013. Total sebanyak 145.596 jiwa akan menerima manfaat dari kartu tersebut.

Menurut Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, saat ditemui di Balaikota, Selasa (18/12/2012), tenggat yang diberikan pemerintah pusat untuk pembagian Jamkesmas adalah 31 Desember. Pihaknya berharap data penerima Jamkesmas versi Badan Pusat Statistik (BPS) itu valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Saya khawatirnya kalau ada warga miskin yang seharusnya berhak menerima, justru tidak terdata," ujarnya. Pihaknya mengaku tak bisa berbuat banyak jika ada warga miskin yang luput dari pendataan Jamkesmas. Pasalnya data penerima tersebut dikelola Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

"Kami terima sudah wujud kartu. Kalau ada yang kelewatan ya kami tidak bisa apa-apa," katanya. Siti menyebut jumlah penerima kartu Jamkesmas untuk tahun depan meningkat dibanding tahun ini. Diuraikannya, pemegang Jamkesmas di Solo pada 2012 tercatat 119.000 warga. Sementara tahun 2013 dipastikan menyentuh angka 145.596 jiwa. Meski meningkat cukup signifikan, pihaknya menolak itu dikaitkan dengan peningkatan jumlah warga miskin di Solo. "Tidak identik seperti itu," kilahnya.

Menurut Siti, peningkatan jumlah penerima Jamkesmas lebih pada perubahan aturan rentang kemiskinan di Kota Solo. Tahun depan, jelasnya, penerima Jamkesmas berasal dari empat golongan yakni golongan sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin. Sedangkan pada 2012 kategori warga yang tercakup Jamkesmas hanya golongan miskin dan sangat miskin.

"Cakupannya bertambah. Tentu saja jumlahnya jadi meningkat."

Siti menambahkan, saat ini kartu Jamkesmas 2013 belum bisa digunakan meski sebagian telah didistribusikan. Dia menjelaskan pemanfaatan Jamkesmas masih menunggu keluarnya surat edaran Menteri Kesehatan. Pihaknya menyitir secara nasional jumlah penerima kartu Jamkesmas 2013 mencapai 86,4 juta jiwa. "Selama kartu baru belum berlaku, yang lama masih bisa digunakan."

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Anung Indro Susanto, membenarkan peningkatan jumlah penerima Jamkesmas 2013. Hal itu lantaran meningkatnya grade yang digunakan untuk memetakan rakyat miskin. "Kalau dulu diambil 20% dari bawah (jumlah penduduk), sekarang diambil hingga 30% dari bawah. Cakupannya ditambah hampir miskin dan rentan miskin," ujarnya kepada Wartawan. 

Anung menjelaskan, 145.596 adalah angka valid dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 dalam memetakan jumlah penduduk miskin Solo 2013. Pihaknya menutup kemungkinan penambahan penerima kartu Jamkesmas. "Angka sudah final (145.596 jiwa). Di luar itu tidak bisa disusulkan."


Solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

MENDES INGIN MASYARAKAT KAWAL DANA DESA KARENA RENTAN PENYELEWENGAN

MENDES INGIN MASYARAKAT KAWAL DANA DESA KARENA RENTAN PENYELEWENGAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
LPJ BELUM MASUK, PENCAIRAN DANA DESA TAHAP 1 TERHAMBAT

LPJ BELUM MASUK, PENCAIRAN DANA DESA TAHAP 1 TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - LAPORAN hasil kegiatan penggunaan dana desa...
PKH PANGKAS 250 RIBU WARGA MISKIN

PKH PANGKAS 250 RIBU WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - TAHUN 2017 ini Kementerian Sosial (Kemensos)...
TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

TAGIH DANA DESA RP 54 MILIAR, 119 KADES DI NUNUKAN MOGOK BEKERJA

SAPA INDONESIA - RATUSAN kepala desa di wilayah perbatasan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook