Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DINILAI RAWAN PENYIMPANGAN PROGRAM PNPM KOTA MANADO

kemiskinan-sapa-proyekpnpmSAPA - Sejumlah keluhan dari berbagai perwakilan Badan Keswadayaan Masyarakat mengemuka saat digelar lokakarya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan untuk kota Manado, yang berlangsung di ruang Toar-Lumimuut Kantor Walikota, Selasa (18/12/2012).

Sejumlah peserta lokakarya menilai realisasi program baik PNPM Mandiri Perkotaan maupun Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL)Mapaluse di 87 kelurahan di Kota Manado rawan penyelewengan.

"Salah satu indikator, anggaran untuk PNPM langsung ditransfer ke rekening kepala lingkungan. Dan ada satu kasus, kepala lingkungan tidak langsung serahkan dana itu ke bendahara BKM tetapi disimpan, ini rawan sekali," tutur Roby, peserta lokakarya dari kelurahan Karombasan Utara.

Dirinya menilai, kekuasaan penuh yang diberikan ke kepala lingkungan sebagai ketua pelaksana PNPM di tingkat kelurahan, tanpa disertai pengawasan ketat bisa berujung penyelewengan anggaran.

"Ada juga kejadian kepala lingkungan usai terima dana PNPM langsung belanja sendiri bahan-bahan bangunan, tanpa ada rapat terlebih dahulu. Ini rawan sekali. Kalau dibiarkan bisa saja ada kepala lingkungan terjerat kasus hukum," tutur Roby.

Remmy selaku Koordinator BKM kelurahan Tikala Kumaraka juga menuturkan ada banyak proyek pembangunan fisik di kelurahan yang notabene menggunakan anggaran PNPM tetapi tidak pernah dirapatkan terlebih dahulu.

"Pengusulan proyek fisik langsung ditentukan sendiri pihak kelurahan tanpa didasari aspirasi masyarakat, ini juga rawan karena proyek diusulkan bisa jadi asal-asalah dan tidak tepat sasaran," ujarnya.

Oleh karena itu dirinya berharap, Pemerintah kota dalam hal ini Bappeda bisa lebih meningkatkan pengawasan realisasi program PNPM di tingkat kelurahan. "Turun langsung ke kelurahan, pastikan usulan proyek fisik berasal dari aspirasi warga, kemudian lakukan verifikasi kembali,'"tuturnya.

Menanggapi sejumlah kritikan dan masukan dari peserta lokakarya, Kepala Bappeda Manado Andre Hosang memastikan memberi perhatian khusus.

Menurutnya pertama harus ditegaskan, saat ini setiap realisasi program maupun kegiatan termasuk PNPM tidak luput dari pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan.

" Setiap sen yang dikeluarkan saat proyek PNPM itu diteliti oleh BPK, jadi pertanggung jawaban anggaran realisasi program PNPM itu tidak boleh main-main, karena fatal akibatnya jika ditemukan ada permainan," tegas Hosang.

Selain itu, pihaknya juga memastikan pengawasan akan makin ditingkatkan baik oleh fasilitator PNPM maupun oleh pemko Manado. "Termasuk memastikan masyarakat ikut dilibatkan saat usulan proyek fisik, karena PNPM itu ada untuk kepentingan warga," tuturnya.

Untuk meminimalisasi penyelewengan anggaran Andre Hosang memastikan pencairan anggaran PNPM di kelurahan tidak dilakukan sekaligus. "Kita lakukan bertahap. Tahap I sebesar 40 persen, tahap II sebesar 30 persen, dan tahap III sebesar 30 persen," jelasnya.

Untuk bisa mendapatkan kucuran anggaran tapap II dan III, Hosang memastikan tim PNPM di kelurahaan sudah harus memasukan laporan pertanggung jawaban anggaran tahap I dan II. "Supaya meminimalisasi terjadinya penyimpangan," tandasnya.

 

Sumber :Tribun Manado

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Desa Tertinggal,...
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

SAPA INDONESIA - DI bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo...
DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

SAPA INDONESIA - ANGGOTA Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera...
19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

SAPA INDONESIA - DANA Desa yang diterima desa di lokasi Kota...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook