Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BANTUAN SEBESAR RP 20 MILIAR UNTUK MALUKU UTARA

SAPA - Provinsi Maluku Utara mendapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial dan hibah dalam negeri senilai lebih dari Rp.20 Miliar untuk 2012.

Bantuan tersebut akan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden Boediono pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang digelar di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial, Hartono Laras mengatakan, dari jumlah tersebut lebih dari Rp.15 miliar bersumber dari APBN.

Rincian bantuan tersebut yaitu dari Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial sebesar lebih dari Rp4 miliar untuk 2.166 orang korban bencana alam, bantuan Usaha Ekonomi Kreatif untuk 35 korban tindak kekerasan dan pekerja migran, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 4.922 rumah tangga sangat miskin, asuransi kesejahteraan sosial untuk 800 jiwa dan lima unit kapal cepat.

Dari Ditjen Rehabilitasi Sosial sebesar lebih dari Rp1 miliar dengan rincian bantuan program Kesejahteraan Sosial Anak untuk 134 anak, rehabilitasi sosial orang dengan kecacatan sebanyak 80 orang serta bantuan lansia dan home care untuk 364 orang.

Dari Ditjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan senilai lebih Rp9 miliar dengan rincian bantuan stimulan kelompok usaha bersama untuk 101 Kube atau 1.010 kk fakir miskin, bantuan rehabilitasi sosial Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) untuk 750 kk dan sarana lingkungan sebanyak empat unit.

Bantuan rumah warga komunitas adat terpencil sebanyak 150 unit dan jaminan hidup untuk 301 kk, bantuan untuk 10 kk keluarga rentan, bantuan operasional untuk sembilan lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga, bantuan operasional untuk 35 orsos, bantuan untuk 37 Karang Taruna, bantuan untuk 35 pekerja sosial masyarakat dan bhakti sosial kegiatan HKSN satu paket.

Sementara bantuan yang bersumber dari hibah dalam negeri dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan senilai lebih dari Rp4 miliar terdiri dari rehabilitasi rumah tidak layak huni untuk 250 kk dan bantuan Kube untuk 110 kelompok atau 1.100 kk.

Di samping itu juga terdapat bantuan dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Semen Gresik untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 50 unit, bantuan 500 kain batik dan handuk untuk souvenir serta 500 paket furniture dari Olympic untuk tim Barifola.

Puncak peringatan HKSN 2012 digelar di lapangan Ngaralamo, Kota Ternate pada Kamis (20/12) dan akan dihadiri Wakil Presiden Boediono.


Sumber : Ciputra News

Terpopuler

Terbaru

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi...
CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN wilayah pedesaan dalam program...
RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

SAPA INDONESIA - RATUSAN desa di Pamekasan belum memiliki badan...
DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook