Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PNPM DINILAI SUDAH TEPAT SASARAN

kemiskinan-sapa-mohamadarfitamafipnpmSAPA - Dewan Perwakilan Rakyat menilai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sudah tepat sasaran, karena berpotensi meningkatkan kesejahteraan penduduk yang berada di desa-desa.

"PNPM ini pantas dilanjutkan karena menjadikan masyarakat desa sebagai aktor utama pembangunan," ujar Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi, di Rembang, Jawa Tengah, Kamis (20/12).

PNPM tahun ini telah memberikan bantuan kepada 20 ribu desa yang terletak di seluruh Indonesia, untuk membangun infrastruktur yang berada di perdesaan.

Sehingga hal ini sangat berpotensi memicu pertumbuhan ekonomi desa dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan-kawasan itu.

"Proses pelaksanaan maupun hasil program semacam itu pasti bermanfaat bagi masyarakat perdesaan," sahutnya.

Supaya program ini terus berjalan, maka DPR akan terus mengawasi jalannya program ini, agar tidak terjadi penyimpangan dalam mengelolanya dan tepat sasaran. Lalu diharapkan warga desa yang mendapatkan PNPM dapat ikut memantau dan melaporkan ke penegak hukum, jika ada tindakan-tindakan tidak benar yang dilakukan oleh oknum-oknum.

Beberapa waktu lalu, Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenko Kesra Sujana Royat mengutarakan, apabila program ini dibuat untuk memotivasi masyarakat supaya melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, serta memicu pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang jauh dari ibukota.

"PNPM merupakan triger dalam melakukan kegiatan ekonomi, bahkan kami ketika sosialisasi dengan tegas menyampaikan kepada mereka bahwa program ini ada demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena ini tugas pemerintah memberikan fasilitas tersebut," pungkasnya.

Sujana menambahkan, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dirinya akan selalu berada di lapangan untuk mendengarkan aspirasi-aspirasi dari seluruh rakyat Indonesia yang membutuhkan bantuan dari negaranya, supaya perekonomiannya berkembang dari sebelumnya.

Dan juga mengawal setiap program-program, karena mekanisme pembangunan itu harus dikawal dangan baik. "Saya dan teman-teman selalu berada di grass root, supaya suara masyarakat sampai diatas (pemerintah) dan mewujudkan masyarakat yang bebas dari kemiskinan," sahutnya.


Infopublik dot org

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook