Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENERIMA JAMKESMAS DI PAMEKASAN 2013 NAIK

kemiskinan-sapa-jamkesmas

SAPA - Terjadi kenaikan jumlah penerima program bantuan jaminan kesehatan di Pamekasan, Jawa Timur, pada tahun 2013 sebanyak 410.428 atau naik 46.020 jiwa dibanding tahun 2012 sebanyak 364.408 jiwa.

"Ini sesuai dengan data yang kami peroleh dari Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan, Ismail Bey, Jumat.

Ia menjelaskan, pada tahun 2013, jumlah warga miskin penerima bantuan Jamkesmas di Kabupaten Pamekasan mencapai 410.428 jiwa, sedangkan pada tahun 2012 sebanyak 364.408 jiwa.

Menurut Ismail Bey, peningkatan jumlah penerima bantuan program Jamkesmas itu berdasarkan pendataan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah diverifikasi oleh lembaga yang bergerak pada Program Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

"Jadi jumlah penerima bantuan Jamkesmas ini yang menentukan adalah pemerintah pusat, bukan pemkab Pamekasan," katanya menjelaskan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, distribusi kartu pemegang Jamkesmas tahun 2013 akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI, melalui Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten dan selanjutnya akan didistribusikan melalui petugas Puskesmas di masing-masing kecamatan.

"Jadi kartu Jamkesmas untuk tahun 2013 ini tidak melalui Askes lagi, seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Ismail Bey.

Kepala Dinkes Pamekasan Ismail Bey lebih lanjut menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menggelar sosialisasi kepada para petugas di masing-masing puskesmas di Pamekasan tentang penambahan jumlah penerima program Jamkesmas tersebut, termasuk petugas medis di tingkat desa, seperti tenaga perawat dan bidan.

"Setelah sosialisasi selesai, nantinya kita akan mendistribusikan kartu Jamkesmas ini ke warga yang berhak menerima program bantuan ini," katanya.

Mengenai warga miskin yang tidak terdata dalam program ini, Kepala Dinkes Ismail Bey menjelaskan, pemkab akan tetap mengupayakan melalui program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dengan alokasi dana dari APBD Pemkab Pamekasan.

"Tapi saya sendiri belum mengetahui berapa jumlah warga yang menerima program Jamkesda ini, karena khusus untuk program tersebut ditangani oleh SKPD lain, yakni Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda)," kata Ismail. (*)

 

antarajatim dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook