Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN VS UTANG LUAR NEGERI

kemiskinan-sapa-dollar

SAPA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) kembali merilis, penanggulangan kemiskinan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam periode 2007 hingga 2012 mengalokasikan anggaran penanggulangan kemiskinan dengan rata-rata baru mencapai Rp62,9 triliun.

Hal ini berbanding terbalik dengan posisi utang luar negeri (LN), yang mencapai rata-rata Rp630 triliun. Keterangan itu disampaikan Koordinator Riset Fitra Maulana.

"Dalam periode 2007 hingga 2012, alokasi anggaran penanggulangan kemiskinan dengan rata-rata baru mencapai Rp62,9 triliun, sedangkan posisi utang LN terlihat fantastis hingga mencapai rata-rata Rp 630 triliun," jelas Maulana dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun Anggaran 2012 di Sekretarian Nasional (Seknas) Fitra, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (23/12/2012).

Dia menambahkan, pemerintah telah menjelaskan, defisit dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara selain untuk menjaga stimulus fiscal, juga untuk pengembangan peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti PNPM, BOS, Jamkesmas, dan sebagainya.

"Dapat ditarik kesimpulan, strategi pembiayaan penanggulangan kemiskinan pemerintah tidak memaksimalkan rupiah murni tetapi melakukan penarikan utang," tukasnya.

Terakhir dia menjelaskan, penarikan terbesar dari penarikan utang tersebut, diperuntukan dalam program PNPM sebesar Rp12,3 triliun pada tahun 2012 dengan pinjaman LN memberikan kontribusi sebesar Rp 2,2 triliun.

"Alokasi PNPM PNPM sebesar Rp12,3 triliun pada tahun 2012, dengan pinjaman LN memberikan kontribusi sebesar Rp2,2 triliun," tutupnya.

 

nasional dot sindonews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

SAPA INDONESIA - KEPALA desa di Kabupaten Sampang, Jawa Timur,...
15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 15 kabupaten di Jawa Tengah masuk...
FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

SAPA INDONESIA - FOOD Agriculture Organization (FAO) of United...
MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

SAPA INDONESIA - MEMBANGUN dari desa merupakan salah satu prioritas...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook