Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR OLEH POSDAYA

kemiskinan-sapa-haryonosuyonoposdayaSAPA - Tujuan utama program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang telah dikembangkan sebagai forum silaturahmi antar keluarga dan anggotanya ditingkat pedesaan dan pedukuhan adalah kawasan pesisir sebagai lokasinya.

Posdaya diharapkan bisa bermanfaat untuk menyegarkan semangat kebersamaan, gotong royong serta menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi keluarga dan masyarakat sesuai dengan sasaran Millennium Development Goals (MDGs).

Hal tersebut diungkapkan Prof. Dr. Haryono Suyono dalam bincang-bincang dengan jajaran redaksi majalah SeaKing dan Majalah Jurnal , dalam kesempatan tersebut Haryono juga siap menyelaraskan berbagai program Posdaya dengan Dinas Potensi Maritim Markas Besar TNI AL dan DPR RI.

Saat ini pilot project Posdaya dalam pemberdayaan masyarakat pesisir telah dilakukan di sepanjang pantura, terutama di Bali Pacitan, Indramayu, Cirebon, Banten dan masih banyak yang lainnya.

Sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang percepatan pelaksanaan prioritas pembangunan nasional dan Nomor 3 Tahun 2010 tentang Program pembangunan yang berkeadilan, serta Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.

Posdaya adalah forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Dalam hal-hal tertentu bisa juga menjadi wadah pelayanan keluarga secara terpadu, yaitu pelayanan pengembangan keluarga secara berkelanjutan, dalam berbagai bidang, utamanya kesehatan, pendidikan dan wirausaha, agar keluarga bisa tumbuh mandiri di desanya.

Dalam melaksanakan fungsinya, Posdaya merancang kegiatan sesuai dengan kemampuan masyarakat dan anggotanya sehingga pelaksanaan kegiatan itu bisa dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat dan keluarga setempat. Atau dengan pengertian lain, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar kemampuan dan swadaya masyarakat sebagai upaya memberdayakan keluarga sejahtera dan membangun kesejahteraan rakyat secara luas.

Posdaya juga tengah menawarkan berbagai keterampilan untuk keluarga diantaranya yang sudah berjalan dipacitan adalah pengolahan tangkapan ikan, diharapkan proses ini bisa dikembangkan menjadi pabrik yang akan menyerap tenaga kerja lokal.

Pengembangan Posdaya ditujukan guna tercapainya hidup gotong royong dalam masyarakat untuk menolong keluarga lain membantu pemberdayaan secara terpadu atau bersama-sama memecahkan masalah kehidupan yang komplek, melalui wadah atau forum yang memberi kesempatan para keluarga untuk saling asah, asih, dan asuh, dalam memenuhi kebutuhan membangun keluarga bahagia dan sejahtera.

Terpeliharanya infrastruktur sosial kemasyarakatan yang terkecil dan solid, yaitu keluarga, yang dapat menjadi perekat atau kohesi sosial, sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun, damai dan memiliki dinamika yang tinggi.

Terbentuknya lembaga sosial dengan keanggotaan dan partisipasi keluarga di desa atau kelurahan yang dinamis dan menjadi wadah atau wahana partisipasi sosial, dimana para keluarga dapat memberi dan menerima pembaharuan yang bisa membantu proses pembangunan kehidupan keluarga dengan mulus dan sejuk.

Sesuai dengan delapan fungsi keluarga, sasaran kegiatan yang dituju adalah upaya bersama agar setiap keluarga mempunyai kemampuan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Dalam rangka pelaksanaan MDGs, dari sasaran utama tersebut diarahkan kepada empat prioritas utama, yaitu komitmen pimpinan pada tingkat desa, kecamatan dan kebupaten, bidang KB dan Kesehatan, bidang Pendidikan dan Bidang Wirausaha.

Posdaya juga tengah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan beberapa bank pemerintah daerah untuk mewujudkan program yang pro rakyat. Ada 8 target prioritas diantaranya pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesetaraan gender, menurunkan kematian anak, KB ibu, HIV dan penyakit menular, Lingkungan hidup dan kerjasama internasional. (IPS)


Sumber : Jurnal Patroli

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook