Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN JUGA TUGAS DARI MASYARAKAT INDONESIA

datakemiskinan

SAPA - Tingginya angka kemiskinan di Indonesia yang mendekati angka 30 juta jiwa menjadi tugas berat pemerintah. Kendati mengalami penurunan jumlahnya dari tahun sebelumnya, namun penurunannya dinilai lamban.

Tenaga Ahli Menteri Sosial bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Kehumasan Sapto Waluyo mengatakan pengentasan kemiskinan di tanah air bukan hanya merupakan tugas dari pemerintah pusat semata namun juga tugas dari masyarakat Indonesia.

Masyarakat dengan ekonomi atas dan menengah yang jumlahnya terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus membaik, dapat berpartisipasi untuk membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, dengan menumbuhkan nilai kesetiakawanan nasional. Nilai itulah yang akan terus didorong oleh pemerintah.

"Kalau jumlah kaum miskin 11 persen ditangani oleh masyarakat kelas menengah, karena satu orang membantu orang miskin maka akan segera selesai. Itulah yang kita bangun kesetiakawanan agar tumbuh keserasian dimasyarakat," kata Sapto Waluyo, dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Senin (31/12/2012).

Pemerintah memiliki master plan perluasan dan percepatan pengurangan kemiskinan di Indonesia. Masterl plan dibuat berdasarkan potensi dimasing-masing wilayah seperti Sumatera dengan potensi ekonominya dibidang pertanian dan perkebunan maka program pengentasan kemiskinan akan difokuskan melalui pemeberdayaan disektor pertanian.

Adapun di wilayah Indonesia Timur dengan potensi perikanan dan kelautan maka program pengentasan kemiskinan difokuskan untuk pemberdayaan nelayan.

"Sekarang akan dilakukan koordinasi secara intensif". Kementerian Sosial juga memiliki program pemberdayaan kelompok usaha. "Ada 6 ribu kelompok usaha yang bisa survive karena bisa meningkatkan ekonominya mendapatkan KUR yang lebih murah. Proses inilah yang sedang kami dorong," tegasnya. (Sgd/AKS)

 

rri dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook