Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO GALAKKAN "SAPU BERSIH KEMISKINAN"

kemiskinan-sapa-sawahlunto

SAPA - Implementasi kerja penekanan besaran angka kemiskinan dengan program "Sapu Bersih Kemiskinan" terus digalakkan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto. Wako Amran Nur beserta jajarannya dengan mengelar road show keempat kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto. Seperti Talawi, Barangin, Lembah Segar dan Silungkang. Road show ini merupakan agenda tahunan pemerintah Kota Sawahlunto. hal ini untuk mencapai target 1 persen angka kemiskinan di tahun 2013 ini.

Di hadapan masyarakat kecamatan lembah Segar pada Kamis (3/1) lalu, Wako Amran Nur menyampaikan, pemerintah akan selalu membantu warga yang punya keinginan untuk merubah nasib dengan catatan mau bekerja keras serta selalu jujur.
Amran Nur kembali mengatakan, sipapun warga Sawahlunto yang punya keinginan untuk merubah nasibnya, Pemko akan mencarikan jalan keluar bagi warganya.

"Syaratnya harus mau kerja keras dan jujur", ujar Amran.

Dalam kesempatan tersebut, Pemko memberikan bantuan modal sapi UTT bagi warga yang benar-benar seirus serta menjanjikan seperangkat alat tenun kepada seorang janda beranak tiga bernama Susi.

Sementara di Kecamatan Silungkang, road show sapu bersih kemiskinan dihadiri ratusan warga dari 5 Desa untuk mendengarkan arahan Wako Amran Nur dalam keluar dari kemiskinan.

Camat Silungkang, Nurwansyah Putra, di hadapan wako memaparkan saat ini di Kecamatan Silungkang ada tujuh unit usaha yang dilakoni masyarakatnya. Antara lain usaha kerajinan tenun dan songket, ternak sapi usaha makanan ringan.

Nurwansyah menerangkan, sebanyak 146 ribu batang bibit karet telah disebarkan ke pada masyarakat, 14 ribu batang saat ini sudah berproduksi. Di samping bibit karet, sebanyak 255 ribu batang bibit kakao juga telah disebarkan keseluruh masyarakat, 242 ribu batang diantaranya dinyatakan hidup dan baru 60 ribu batang atau sepermpatnya yang sudah berproduksi.

 

Jalankan Program

Sedangkan wako Amran Nur dalam arahannya mengatakan, tujuan road show ke seluruh kecamatan adalah untuk menjalankan program sapu bersih kemiskinan. Caranya kata Amran pemerintah akan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan berbagai bentuk bantuan modal sesuai dengan kemampuan dan keahlian warga itu sendiri.

"Tentu syarat utamanya harus keluar dari keinginan masyarakat itu yang tidak mau lagi dikatakan miskin", ulas Amran.
Dalam upaya membuat masyarakat ke luar dari kemiskinan, pemerintah tambah Amran, selalu mendorong masyarakat agar mampu menambah dan meningkatkan taraf ekonominya. Seperti contoh kata Amran, saat ini pemerintah mendorong memasarkan tenun songket Silungkang ke dunia yang lebih luas lagi.

Dalam kesempatan itu, Amran Nur memberikan apresiasi kepada Ilza Riesti, seorang ibu rumahtangga yang telah berhasil membudi dayakan jamur tiram. Wako pun berjanji akan memberikan tambahan modal untuk pengembangan usaha jamur tiram .

Untuk itu, Amran minta kepada Ilza Riesti agar selalu menjaga dan terus bekerja dengan seirus, sehingga kesejahteraan akan tercapai. "Usaha jamur tiram sekarang ini sangat menjanjikan prospek kedepannya. Tolong dorong terus masyarakat lainnya agar bisa seperti Ibu Ilza ini", pinta Amran.(so/mel)

 

haluanriaupress dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook