Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

GULIRKAN DANA PNPM RP. 7,1 MILIAR DI KARANGASEM

SAPA - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menyerahkan dana program nasional pemberdayaan masyarakat sebesar Rp7,1 miliar untuk membiayai berbagai program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Karangasem, Bali.
"Bantuan itu difokuskan untuk program pemberdayaan di delapan kecamatan di wilayah ini," kata Agung Laksono saat melakukan kunjungan kerja bersama dua menteri lain di Kabupaten Karangasem, Minggu (6/1).

Dana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan infrastruktur desa dan kegiatan ekonomi. Namun dana yang dianggarkan tersebut tidak sepenuhnya untuk hal tersebut saja, sekitar 30 persennya dapat digunakan untuk usaha simpan pinjam bagi kaum perempuan di wilayah paling timur di Pulau Dewata tersebut.

"Sebab, selama ini program simpan pinjam tersebut cukup berhasil terbukti dengan nilai kredit macetnya masih di bawah dua persen," ucapnya.

Menteri juga memberikan acungan jempol kepada Pemkab Karangasem yang telah berhasil membedah sebanyak 1.456 rumah milik keluarga miskin di wilayah tersebut sehingga menjadi layak huni.

Padahal dari pemerintah pusat hanya membantu dengan memberikan paket dana stimulan sebesar Rp.6 juta. Akan tetapi berkat bantuan swadaya dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten setempat maka hal tersebut bisa terwujud.

"Kami dari Kementerian secara bersama-sama berkomitmen dalam masalah penekanan angka kemiskinan yang diharapkan mampu menekan sebesar satu persen setiap tahunnya," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan bantuan 20 freezer untuk empat kelompok, sarana pengolahan dan pemasarannya hasil perikanan serta paket pengembangan usaha Mina Pedesaan.

 

Sumber : Media Rakyat

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook