Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERANGI KEMISKINAN DENGAN PNPM-MP

SAPA - Wilayah tempat tinggal warga Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu memperoleh kehormatan karena saat ini wilayah mereka telah menjadi sasaran program penanggulangan kemiskinan berbasis pada pemberdayaan masyarakat yang bernama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perkotaan (PNPM-MP).

Abdanial Malakan, SH, Senior Fasilitator PNPM-MP mengatakan, PNPM-MP memiliki misi utama dalam pengentasan kemiskinan di masyarakat. Hal ini dilakukan melalui tiga sentuhan, yaitu kegiatan ke sektor infrastruktur, sosial dan ekonomi produktif. Untuk kegiatan infrastruktur, diantaranya berupa pavingisasi seperti yang berjalan di Dusun Brau.

''Ini sebuah gerakan bersama antara PNPM-MP bersama pemerintahan desa dan masyarakat dalam memerangi kemiskinan di desanya. Sinergitas akan menghasilkan pencapaian luar biasa jika semuanya mau bahu membahu dalam pengentasan kemiskinan," terang Aby, sapaan akrabnya.

Masyarakat Dusun Brau benar dapat merasakan langsung manfaat dari program ini karena semuanya dilakukan sendiri masyarakat desa. PNPM-MP yang bekerja dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jatim ini juga berharap program lain yang punya tujuan sama meniru konsep dalam pelaksanaan yang ada di desa-desa seluruh Indonesia.

''Dusun ini dipilih karena salah satu kantong kemiskinan di Desa Gunungsari dimana kondisi infrastruktur berupa fasilitas jalan yang merupakan akses masyarakat sangat mengenaskan. Melalui program PNPM ini masyarakat melakukan pembangunan pavingisasi, dimana dari sisi hasil sangat luar biasa baik," tambah Abi.

Mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan di lapangan hingga evaluasi juga dilakukan masyarakat secara transparan. Karena dalam program ini bisa dikatakan merombak paradigma kebijakan dalam pembangunan yang biasanya top down menjadi bottom up. Semuanya bersumber dari masyarakat, mulai perencanaan hingga pelaksanaan. Masyarakat kerja bakti dalam pembangunan.

''PNPM-MP masuk di desa ini sejak tahun 2009 hingga sekarang, sejak saat itulah program ini memberi kontribusi yang sangat besar pada pengentasan kemiskinan di desa kami," aku Mariono salah satu anggota Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Gunungsari Sejahtera.

''Keberhasilan semua ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Desa Gunungsari yang tak pernah lelah untuk bekerja sama bahu membahu bersama masyarakat dalam pengentasan kemiskinan melalui program ini," imbuh Azizir selaku Sekretaris LKM, terpisah.


Sumber : Malang Post

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook