Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEJUMLAH 200 RUTILAHU AWALI PROGRAM BEDAH KAMPUNG DI BOGOR

kemiskinan-sapa-200rutilahuSAPA - Sebagai tahap awal Program Bedah Kampung 2013 kembali digelar Kementerian Sosial dengan membedah 200 unit rumah tidak laik huni di sejumlah desa yang dimulai dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Untuk Kabupaten Bogor 200 unit rumah yang dibedah terletak di Kecamatan Bojong Gede dan Tajur Halang," kata Direktur Penanggulangan Kemiskinan Pedesaan Kementerian Sosial, Wawan Mulyana, saat ditemui di Tajur Halang, Kamis.

Program bedah kampung Kementerian Sosial, dimaksudnya tidak hanya membedah rumah tidak layak huni tapi juga membedah permasalahan sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat di perkampungan tersebut.

"Apa yang menjadi masalah sosial di kampung tersebut, itu yang dituntaskan, misalnya ekonomi lemah, lingkungan belum ada jalan, sanitasi dan kesehatan, semua kita benahi," kata Wawan.

Untuk bedah kampung di Kabupaten Bogor khususnya di Kecamatan Tajur Halang, lanjut Wawan, kegiatan yang dilaksanakan adalah merenovasi 100 rumah tidak layak huni yang tersebar di enam desa.

Pemberian bantuan usaha dalam kegiatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang diperuntukkan untuk 20 kelompok di mana total anggaran untuk 20 kelompok sebesar Rp400 juta.

"Di Tajur Halang ada 20 KUBE yang terdiri dari 200 kepala keluarga masing-masing perkelompok dapat Rp20 juta," katanya.

Selanjutnya bantuan sarana prasarana lingkungan sebanyak 4 unit seperti kamar mandi umum, jalan dan fasilitas penunjang lainnya senilai Rp180 juta.

Dalam bedah kampung ini juga akan dibagikan sembako untuk 200 kepala keluarga yang masing-masing mendapat Rp200 ribu dengan total anggaran Rp40 juta.

"Jadi untuk kegiatan bedah kampung di Kabupaten Bogor ini total anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp2.620.000.000," kata Wawan.

Menurut Wawan, dana kegiatan Bedah Kampung di Kabupaten Bogor menggunakan dan hibah dalam negeri.

Berbeda dengan pelaksanaan Bedah Kampung pada 2012 di sejumlah daerah seperti Pacitan, Purwakarta, Purworejo dan Banyumas, Kementerian Sosial melibatkan pemerintah daerah dan juga swasta.

Pada 2012, sebanyak 1.932 rumah di 14 kabupaten telah dilaksanakan Bedah Kampung. Targetnya 2013 ini Kementerian Sosial akan membedah 4.000 unit rumah di kelompok perkampungan yang tersebar di 20 lokasi.

"Kabupaten Bogor ini menjadi pendorong pertama pelaksanaan Bedah Kampung di 2013 agar nantinya, pihak swasta dan Pemerintah Daerah turut berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Indonesia," ujarnya.

Secara resmi pencanangan Bedah Kampung ini diselenggarakan Jumat (11/1) bertempat di Kampung Karet, Desa Tajur Halang, Kecamatan Tajur Halang.

Terdapat 36 rumah yang akan direhab. Sebelum pencanganan dimulai Kamis malam ini Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri akan berdialog dengan warga sekitar serta akan menginap di salah satu rumah warga yang akan direhab.


Sumber : Aktual dot Co

Terpopuler

Terbaru

MENDES EKO: JANGAN SAMPAI DANA DESA SALAH SASARAN

MENDES EKO: JANGAN SAMPAI DANA DESA SALAH SASARAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
ALOKASI DANA DESA DI ABDYA TERANCAM TERSENDAT

ALOKASI DANA DESA DI ABDYA TERANCAM TERSENDAT

SAPA INDONESIA - ALOKASI dana desa tahun anggaran 2017 di Kabupaten...
SOSIALISASI MINIM, DANA DESA GUNAKAN SISKEUDES BIKIN TAKUT KADES SE-JOMBANG

SOSIALISASI MINIM, DANA DESA GUNAKAN SISKEUDES BIKIN TAKUT KADES SE-JOMBANG

SAPA INDONESIA - MINIMNYA sosialisasi pemberlakuan Sistem Keuangan...
BANYUMAS: PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I TERTUNDA

BANYUMAS: PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I TERTUNDA

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN dana desa (DD) tahap pertama tahun...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook