Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB WONOGIRI BUTUH TENAGA LAPANGAN KELUARGA BERENCANA

kemiskinan-sapa-bkbsppwonogiriSAPA - Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kab Wonogiri membutuhkan tenaga tambahan sebanyak 91 orang. Sebab, saat ini hanya ada 56 orang petugas yang bertugas di 294 desa/kelurahan dan pada pertengahan 2013 nanti ada lima orang petugas yang pensiun.

"Saat ini, satu orang PLKB bisa bertugas di lima hingga enam desa. Padahal, idealnya satu PLKB bertugas di dua desa/kelurahan. Tapi, kami cukup terbantu dengan PPKBD (pembantu pembina keluarga berencana desa), " kata Kepala Badan Keluarga Berencana Sejahtera dan Pemberdayaan Perempuan (BKBSPP), Reni Ratnasari, saat dijumpai wartawan sebelum peresmian Balai KB Wonogiri di Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri.

Pihaknya telah mengusulkan kekurangan tenaga itu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD), tetapi belum ada kuota untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). "Kami mendengar informasi dari Pemerintah pusat apabila pada 2013 ada pembukaan lowongan bagi PLKB. Hanya, mereka diangkat secara kontrak," ujarnya. Ia berharap segera ada penambahan tenaga agar penyuluhan KB bisa berjalan lebih maksimal.
Sekretaris Daerah Wonogiri, Budisena, mengatakan minimnya jumlah PLKB memang menjadi tugas berat bagi sosialisasi KB di lapangan. "Tapi, untuk perekrutan juga sulit karena belum ada penerimaan CPNS. Yang penting, dalam pekerjaan adalah kualitas dan bukan kuantitas. Kami berharap, tenaga yang ada saat ini bisa dimaksimalkan," katanya saat memberikan sambutan, Jumat.

Di sisi lain, BKB SPP membangun empat Balai KB baru yang tersebar di empat Kecamatan yakni Wonogiri, Pracimantoro, Baturetno, dan Purwantoro. Sebelumnya, sudah ada satu balai KB yakni di Kecamatan Purwantoro.

"Keberadaan balai ini penting bagi penyuluh, karena selama ini mereka belum punya kantor dan masih numpang di kantor kecamatan. Selain itu, balai KB ini bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di antaranya sosialisasi program KB dan konsultasi masalah keluarga," imbuh Reni.

Pembangunan empat Balai KB tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) 2012. Pada 2013, lanjut dia, akan dibangun tujuh Balai KB lagi di Kabupaten Wonogiri. Ia berharap adanya gedung itu bisa mengembalikan kejayaan KB di masa lalu.


Sumber : Solopos

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook