Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PROGRAM PNPM-MPD TPST TURUNKAN ANGKA KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-tpstpnpmangkakmsknSAPA - Diharapkan pada tahun 2014 angka kemiskinan turun menjadi 8 persen. Guna mencapai target tersebut, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd).

Di Kecamatan Tanggaran, kegiatan PNPM-MPd diarahkan pada Tempat Pengolahan Sampah Terakhir (TPST). Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH meresmikan dimulainya kegiatan tersebut. Acara juga dirangkai dengan peresmian Gedung Kesenian Desa Simpang Empat, Kecamatan Tanggaran.

Pemerintah pusat, telah menyiapkan Program Penanggulangan Kemiskinan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. "Sasarannya menurunkan angka kemiskinan menjadi 8 sampai 10 persen pada akhir tahun 2014," ujar Bupati.

Disampaikan Bupati, ada empat instrumen kelompok dalam melaksanakan Program Penanggulangan Kemiskinan, di mana sasarannya untuk kemajuan masyarakat. Kelompok pertama, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin).

Sedangkan kelompok kedua ialah penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang bertujuan mengembangkan potensi dan memperkuat kapasitas kelompok masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, seperti PNPM dan Padat Karya Produktif (PKP).

Kelompok ketiga, penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, yang bertujuan memberikan akses dan penguatan ekonomi bagi pelaku usaha berskala mikro dan kecil, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Bersama (KUBE).

Sedangkan kelompok keempat adalah peningkatan dan perluasan program pro rakyat, seperti Program Rumah Sangat Murah, Program Kendaraan Angkutan Umum Murah, Program Air Bersih untuk Rakyat, Program Listrik Murah dan Hemat, Program Peningkatan Kehidupan Nelayan dan Program Peningkatan Kehidupan Masyarakat Miskin Perkotaan.

Dijelaskan Bupati, semua kelompok program tersebut merupakan kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. "PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem, serta mekanisme dan prosedur program penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat, dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan yang ditinjau dari segi program," jelasnya.

Sedangkan dari segi pemberdayaan masyarakat ujarnya, merupakan upaya untuk menciptakan atau meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok. "Dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraannya, pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah, serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai," paparnya.

Oleh karena itu, ujar Bupati, sudah saatnya masyarakat aktif dalam melaksanakan apa yang direncanakan oleh masyarakat dan dikerjakan oleh masyarakat. Hasilnya pun dinikmati oleh masyarakat. "Dengan telah selesainya TPST dan Gedung Kesenian merupakan bukti telah berjalannya mekanisme PNPM. Supaya semakin maju, tinggal bagaimana kita mengambil langkah berkelanjutan," pesan Bupati.

 

Sumber : Rakyat Merdeka

Terpopuler

Terbaru

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...
PROGRAM GERBANG DESA UNTUK MEMPERKECIL KESENJANGAN PEMBANGUNAN

PROGRAM GERBANG DESA UNTUK MEMPERKECIL KESENJANGAN PEMBANGUNAN

SAPA INDONESIA - SEKRETARIS Daerah Provinsi Lampung Sutono...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook