Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DAMANDIRI MITRA PEMERINTAH UNTUK KURANGI ANGKA KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-menkokesra

SAPA - Yayasan Damandiri yang didirikan oleh Mantan Presiden RI Soeharto 17 tahun yang lalu, merupakan salah satu mitra pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, demikian dikatakan oleh Menko Kesra RI Agung Laksono.

"Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar 6,3 persen, nomor 2 di dunia setelah Negara China. Tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan penurunan angka kemiskinan. Apalagi pada tahun 2012 penurunan kemiskinan sangat lambat hanya sebesar 0,42 persen, dari 29 juta jiwa menjadi 28,5 juta penduduk miskin. Target pemerintah untuk penurunan kemiskinan adalah satu persen/tahun " kata Menko Kesra HR. Agung Laksono pada kunjungan kerjanya di di UIN Malang, Sabtu (12/1/2013) laludalam rangka Konvensi Posdaya tahun 2013.

Keparahan kemiskinan dapat terjadi karena dipengaruhi beberapa permasalahan, antara lain banyaknya terjadi bencana alam, konflik sosial, banyaknya PHK akibat krissi global dan konflik perburuhan. Untuk mengatasinya pemerintah meluncurkan program-program antara lain Jamkesmas, BOS , simpan-pinjam produktif danlain-lain yang jumlah dananya mencapai Rp. 60 triliun, sedangkan untuk program subsidi misal BBM sebesar Rp. 130 triliun.

Untuk itulah Menko Kesra sangat mengharapkan kerjasama dengan pihak swasta sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Damandiri, CSR perusahaan swasta, zakat, apabila dananya dikumpulkan akan mencapai lebih dari Rp. 100 triliun, hal tersebut diharapkan akan lebih mempercepat penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

Sebelum acara Konvensi Posdaya dimulai, Titi Soeharto didampingi Menko Kesra Agung Laksono, Sekda Prov Jatim Dr. H.Rasiyo,MSi, Prof. Dr. Haryono Suyono, Bupati Malang Rendra Kresna, Rektor UIN Malang meresmikan pemakaian Gedung H Muhammad Soeharto UIN Maulanan Malik Ibrahim Malang.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan. Selain melalui program yang telah ditetapkan, seperti Jalin Kesra, pemberian kredit dengan bunga rendah pada UMKM, sekolah gratis, pelayanan kesehatan gratis, juga melalui kerjasama dengan pihak swasta sebagaimana yang telah dilakukan dengan Yayasan Damandiri melalui Program Posdaya.

"Hasilnya dapat diketahui, sejak kepemimpinan Gubernur Soekarwo yaitu tahun 2010 penduduk miskin di Jatim sebesar 16,68 persen, pada akhir tahun 2012 turun menjadi 13,08 persen. Penurunan ini tertinggi di seluruh Indonesia," jelas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr.H. Rasiyo,M.Si pada acara Konvensi Posdaya se Jatim dan HUT Yayasan Damndiri ke 17, di Gedung H.Muhammad Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu (12/1/2013).

Pada kesempatan itu Sekda Prov Jatim sangat mengharapkan Yayasan Damandiri yang diketuai Mantan Kepala BKKBN Prof. Dr. Haryono Suyono melalui Program Posdayanya lebih meningkatkan kegiatan di Jawa Timur, karena tidak akan mungkin percepatan penurunan kemiskinan dapat terksana apabila pemerintah daerah bekerja sendiri tanpa dukungan dari pihka lain.

Selain itu Rasiyo juga mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan dana berupa beasiswa kepada mahasiswa Jatim yang sedang melaksanakan KKN sebesar Rp. 250 juta dari Yayasan Supersemar yang disampaikan oleh Titi Soeharto (Putri Mantan Presiden RI Soeharto). (Pdj/Gs).

 

menkokesra dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

TUNTASKAN KEMISKINAN BALI, PASTIKA :

TUNTASKAN KEMISKINAN BALI, PASTIKA : "KABUPATEN KAYA BANTU DAERAH MISKIN"

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika meyakini...
KEMISKINAN ANAK TERTINGGI TERJADI DI PAPUA, PAPUA BARAT, DAN NTT

KEMISKINAN ANAK TERTINGGI TERJADI DI PAPUA, PAPUA BARAT, DAN NTT

SAPA INDONESIA - PROVINSI Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara...
TERINTEGRASI, DANA DESA HINGGA BANK HIMBARA BAKAL TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI RI

TERINTEGRASI, DANA DESA HINGGA BANK HIMBARA BAKAL TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI RI

SAPA INDONESIA - ANGKA kemiskinan menjadi salah satu pekerjaan...
HAK DASAR 11 JUTA ANAK TERAMPAS

HAK DASAR 11 JUTA ANAK TERAMPAS

SAPA INDONESIA - KEMISKINAN anak di Indonesia masih menjadi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook