Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) TIDAK MAKSIMAL

kemiskinan-sapa-genrecilacapSAPA - Program yang disosialisasikan oleh Bapermades Kabupaten Cilacap belum optimal. Program milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini dinilai tidak efektif untuk masyarakat di pedesaan.

"Program tersebut tidak optimal di lapangan karena anggaran yang diberikan pemerintah pusat pun nyaris sangat minim," ungkap Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, Bapermades Cilacap, Dasro.

Selain karena persoalan anggaran, kondisi ini juga terjadi akibat minimnya jumlah penyuluh lapangan KB (PLKB). Saat ini jumlah PLKB yang ada di Cilacap sebanyak 97 orang, padahal jumlah desa sendiri ada 284 desa.
Idealnya, satu PLKB mengampu satu desa, namun saat ini yang terjadi, satu PLKB bisa mengampu tiga sampai empat desa sekaligus.

"Otomatis sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat pun tidak maksimal. Terlebih di wilayah Cilacap Barat yang memiliki medan yang jauh lebih berat dibandingkan wilayah Cilacap Kota maupun Timur," imbuhnya.
GenRe, lanjut Dasro, adalah salah satu kampanye BKKBN untuk mengajak kaum muda agar merencanakan masa depannya dengan menghindari pernikahan dini. Dengan program ini, BKKBN menargetkan remaja untuk mempersiapkan diri menjadi keluarga berkualitas. Bapermades Cilacap sendiri tidak memiliki data pasti jumlah remaja yang terjebak pada pernikahan dini.

Diterangkan, tahun 2012 angka kelahiran di Cilacap melonjak hingga 29 ribu kelahiran, padahal tahun 2007 lalu angka kelahiran hanya sebanyak 17200. Adapun jumlah akseptor KB saat ini hanya sekitar 262.107 persen dari jumlah pasangan usia subur sebanyak 357.153. Jika program KB tidak lagi digiatkan, maka ledakan penduduk akan terjadi.


Suara Merdeka

Terpopuler

Terbaru

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...
SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - BUPATI Purworejo H Agus Bastian SE MM menginstruksikan...
BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

SAPA INDONESIA - PEMKAB Banjarnegara pada tahun ini menargetkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook