Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KBP KOTA BALIKPAPAN TINJAU SEJUMLAH PROYEK PNPM MANDIRI PERKOTAAN

kemiskinan-sapa-pnpmmperkotaan

sapa.or.id - Peninjauan telah dilaksanakan oleh Kelompok Belajar Perkotaan (KBP) Kota Balikpapan ke sejumlah proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-P) 2012 yang dilaksanakan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) di wilayah Balikpapan Barat Selasa (15/1) kemarin. Kunjungan yang dipimpin Ketua KBP Heronesia dan Abdul Jabar selaku Wakil Ketua KBP ini meninjau proyek di empat kelurahan masing-masing Kelurahan Baru Ulu, Baru Ilir, Margasari dan Margomulyo.

Dalam kunjungan tersebut anggota KBP melihat langsung proyek sekaligus berdialog dengan pimpinan kelurahan, LKM dan fasilitator kelurahan (Faskel). "Ada beberapa yang kami evaluasi program PNPM Mandiri Perkotaan yang dilaksanakan oleh LKM di masing-masing kelurahan selama tahun 2012 lalu seperti apa kendala dan keberhasilan program pengentasan kemiskinan bagi masyarakat Balikpapan ini,"kata Wakil Ketua KBP Balikpapan Abdul Jabbar kepada Balikpapan Pos seusai peninjauan.

Abdul Jabbar mengatakan, tim KBP ini akan mengunjungi seluruh LKM-LKM yang ada disetiap kelurahan untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai keberhasilan dalam pelaksanaan program PNPM ini. "Jadi kami akan kunjungi LKM-LKM yang ada di lima kecamatan. Jadwalnya sudah kami tetapkan begitu juga dengan keperluan surat menyurat berupa pemberitahuan kunjungan sedang kami persiapkan,"aku Jabar didampingi anggota Ketua KBP Heronesia.

Hasil kunjungan ke LKM ini akan dibahas secara bersama sebagai bahan laporan evaluasi pelaksanaan program PNPM yang ada disetiap kelurahan. "Apabila ada program yang dilaksanakan LKM ini belum maksimal maka kami akan evaluasi apa kendalanya. Begitu pula sebaliknya program itu berhasil maka kami juga akan mengetahui kiat-kiatnya mengapa berhasil,"ujar Jabbar.

PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Sehingga diharapkan akan menumbuhkan partisipasi, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan.(vie)

 

balikpapanpos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...
SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - BUPATI Purworejo H Agus Bastian SE MM menginstruksikan...
BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

SAPA INDONESIA - PEMKAB Banjarnegara pada tahun ini menargetkan...
DANA DESA DITERIMA BULAN JUNI

DANA DESA DITERIMA BULAN JUNI

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook