Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMENTERIAN PARIWISATA BERI BANTUAN KE DESA DI BANGKA BELITUNG

kemiskinan-sapa-KemenparekrafSAPA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan bantuan kepada 18 desa se Bangka Belitung dalam rangka pembangunan nasional melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Kemenparekraf melalui Direktur Pemberdayaan Masyarakat Destinasi Pariwisata, Drs Bakri MM menjelaskan dalam seminar lokakarya destinasi dan desa wisata , akan memberikan bantuan yang akan dikucurkan berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. "Kebijakan pembangunan kepariwisataan terkait dengan pemberdayaan masyarakat ada dua jalan yakni dengan berorientasi pada penanggulangan kemiskinan serta berbasis masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu agenda strategis dalam pembangunan nasional. Program PNPM Mandiri Pariwisata dengan pengembangan desa wisata kita arahkan melalui dua jalan tersebut,"paparnya.

Ia menjelaskan jika kegiatan utama dalam pengembangan desa wisata terkhusus di Babel adalah mengembangkan kemampuan dan keahlian masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata.

Selain itu, fasilitas sarana dan prasarana pendukung aktifitas kepariwisataan di daerah setempat harus dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut. "Kita juga memprogramkan pengembangan usaha kepariwisataan yang akan menunjang perekonomian masyarakat setempat. Usaha kepariwisataan dapat menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan keberdayaan serta kemandirian masyarakat setempat,"bebernya.

Diharapkan melalui pengembangan desa wisata di Babel ini dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat seperti kesadaran kritis, potensi sosial dan budaya, serta kearifan lokal untuk memberdayakan diri sendiri.

Namun menurut Bakri, dalam pengembangan desa wisata, para pengelola desa harus mengidentifikasi potensi didalam dan sekitar desa serta menentukan arah pengembangan. Berbagai potensi desa juga dapat diolah untuk dijual ke wisatawan. "Untuk itu, selain menyerahkan bantuan, peran mereka dalam mewujudkan desa wisata ini dengan sarana dan prasarana yang ada akan meningkatkan kapasitas masyarakat desa menjadi pelaku wisata," tandas Bakri.

 

Sumber : Radar Bangka

Terpopuler

Terbaru

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto...
60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)...
PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

SAPA INDONESIA - PAGU anggaran dana desa 2018 dari Pemerintah...
AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

SAPA INDONESIA - KAPOLDA Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook