Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KARTU JAMKESMAS BELUM BISA DIGUNAKAN

kemiskinan-sapa-jamkesmassragenSAPA - Pendistribusian kartu Jamkesmas Tahun 2012 kepada 307.864 keluarga miskin (gakin) di 20 kecamatan wilayah Kabupaten Sragen sejak Desember 2012 hingga kini belum bisa digunakan. Karena harus menunggu petunjuk dari Kemenkes.

Kabid Promkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Fanny Fanani, saat dihubungi, mengungkapkan sebanyak 307.864 kartu jamkesmas sudah didistribusikan ke penerima, yakni gakin hasil pendataan program perlindungan sosial (PPLS) 2011 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Data gakin tersebut, kata dia, diolah oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di bawah Koordinasi Wakil Presiden.

"Hari ini Kadinkes [Kepala Dinkes] bertemu PT Askes di Semarang. Salah satu agenda rapat itu membahas tentang penggunaan kartu jamkesmas 2012. Nanti hasilnya apa, kami informasikan. Hingga kini, kami belum menerima pemberitahuan dari Kemenkes soal kapan penggunaan kartu jamkesmas 2012 itu. Ada pemberitahuan dari Kemeskes tapi ditujukan ke PT Askes bukan ke pemerintah daerah. Nnatinya, verifikasi kartu jamkesmas langsung ditangani PT Askes," ujar Fanny saat dinas di Semarang.

Selain kartu jamkesmas 2012, sebagian gakin masih ada yang memegang kartu jamkesmas 2008. Menurut Fanny, selama belum ada pemberitahuan dari Kemenkes, kartu jamkesmas 2008 masih berlaku. Namun, kartu jamkesmas 2012, lanjut dia, belum bisa digunakan karena belum ada petunjuk dari Kemenkes.

"Selama ini belum ada surat dari Kemenkes tentang kapan kartu jamkesmas 2008 berakhir dan kapan kartu jamkesmas 2012 bisa digunakan. Kami masih menunggu," imbuhnya.
Fanny mengungkapkan kemungkinan ada gakin yang kini memegang dua kartu, yakni jamkesmas 2012 dan jamkesmas 2008. Meskipun memiliki dobel kartu, bagi Fanny, tidak masalah karena akan ada pemberitahuan lebih lanjut. Selain itu, jelas dia, dimungkinkan ada gakin yang kini memiliki kartu jamkesmas 2008 tapi tak mendapat kartu jamkesmas 2012

"Kasus ini kemungkinan hasil survey PPLS 2011 menunjukkan ada peningkatan ekonomi pada keluarga yang bersangkutan. Statusnya bukan lagi gakin, tetapi tergolong keluarga mampu," pungkasnya.


Sumber : Solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

BEDAH KEMISKINAN DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN ALSINTAN

BEDAH KEMISKINAN DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN ALSINTAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian membuat...
MELEPAS BELENGGU KAPITALISME DANA DESA

MELEPAS BELENGGU KAPITALISME DANA DESA

SAPA INDONESIA - DANA desa sebagai salah satu kebijakan belanja...
PRESIDEN HARAP PENINGKATAN DANA DESA DAPAT TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA

PRESIDEN HARAP PENINGKATAN DANA DESA DAPAT TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi...
PROGRAM PADAT KARYA TUNAI DIPERKIRAKAN SERAP 5 JUTA TENAGA KERJA

PROGRAM PADAT KARYA TUNAI DIPERKIRAKAN SERAP 5 JUTA TENAGA KERJA

SAPA INDONESIA - PENGGUNAAN dana desa 2018 wajib dilaksanakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook