Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BUTUH PERBAIKAN LIMA RIBU RUTILAHU DI SUBANG

kemiskinan-pemiskinan-rutilahu

SAPA - Masih terdapat lima ribu rumah tidak layak huni (rutilahu) di seluruh Kabupaten Subang yang akan diajukan kepada Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk diperbaiki tahun ini.

"Dari 5.000 rumah yang diajukan untuk diperbaiki, mudah-mudahan sekitar 3.500 di antaranya bisa terealisasi," ujar Sumasna, Kepala Dinas Tata Ruang, Permukiman, dan Kebersihan Kabupaten Subang kemarin.

Ribuan rumah yang diajukan perbaikannya, kata Sumasna, tersebar di seluruh Kabupaten Subang, sebagian di antaranya di daerah pantura. Perbaikan itu hanya diajukan untuk kerusakan ringan, seperti atap, dinding, dan lantai, masing-masing dengan total dana Rp 6 juta.

Seperti tahun lalu, realisasi perbaikan rumah pada tahun ini pun diperkirakan lamban, yakni menjelang akhir tahun. Hal itu disebabkan banyaknya prosedur yang harus dijalani di Kemenpera. "Jika sudah fix, dana perbaikan rumah nantinya akan langsung masuk ke rekening pemilik rumah. Jadi, kami hanya memfasilitasi saja," kata Sumasna.

Pengajuan perbaikan rutilahu tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Dari 2.500 rumah yang diajukan tahun lalu, hanya 970 rumah di antaranya yang perbaikannya direalisasikan pada akhir tahun. "Kebanyakan rumah lainnya tidak bisa diperbaiki lantaran banyak syarat yang tidak terpenuhi. Di antaranya pemilik rumah yang ternyata penghasilannya Rp 1,5 juta, padahal syaratnya memiliki penghasilan di bawah Rp 1,2 juta," tuturnya.

Data pengajuan perbaikan rutilahu tahun ini, kata Sumasna, diperoleh melalui berbagai penyeleksian agar realisasinya bisa optimal. Oleh karena itu, ribuan rumah yang perbaikannya tidak teralisasi tahun lalu tidak diajukan kembali untuk diperbaiki tahun ini. "Maksudnya, agar jangan sampai terjadi penolakan yang kedua kalinya," ucap Sumasna menegaskan.

Perbaikan ribuan rutilahu di Kabupaten Subang merupakan salah satu upaya mengentaskan kemiskinan di daerah. Saat ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Subang, tahun 2011, jumlah warga miskin di Subang mencapai 196.969 keluarga atau sekitar 60 persen dari jumlah keluarga di Subang.

Meski data jumlah warga miskin belum dimutakhirkan, kuota program kemiskinan lainnya, seperti pagu raskin di Subang tahun ini sudah berkurang 16 persen. "Mungkin akibat berkurangnya subsidi dari pemerintah pusat," kata Kasubag Sosial Setda Subang, Endang Juharia. (A-192/A-147)***

 

pikiran-rakyat dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook