Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN TURUN JATAH RASKIN BERKURANG

kemiskinan-sapa-angkakesknanraskinbrkrgSAPA - Dengan turunnya jatah beras untuk warga miskin (raskin), membuktikan keberhasilan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah, " tutur Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Klaten, Pri Harsanto.
"Logikanya kan begitu. Kalau jatah raskin bertambah berarti angka kemiskinan bertambah. Tetapi kalau jatah raskin berkurang, berarti angka kemiskinan turun. Itu bukti keberhasilan pemerintah mengentaskan kemiskinan," kata Pri Harsanto, Kamis (17/1/2013).

Pri tidak menampik jika penurunan jatah raskin dari 130.007 rumah tangga sasaran (RTS) pada tahun lalu menjadi 108.527 RTS pada tahun ini berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.
Untuk mengantisipasi adanya gejolak, pihaknya meminta kalangan perangkat desa menyosialisasikan penurunan jatah raskin itu kepada warga. Dia meminta warga diberi pemahaman bahwa penurunan jatah raskin itu berkorelasi positif dengan keberhasilan pengentasan kemiskinan pemerintah.
"Itu tergantung bagaimana perangkat desa menyosialisasikan hal ini kepada warga. Jika dibicarakan dengan baik-baik mestinya tidak sampai menimbulkan gejolak," terang dia.

Pri menjelaskan penetapan pagu alokasi raskin untuk masing-masing desa masih penunggu turunnya data RTS dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Kemenko Kesra. "Data by name dan by address itu akan dikirim pada Minggu keempat Januari ini. Setelah data turun, raskin bisa disosialisasikan kepada warga," ujar Pri.
Pri menambahkan, raskin Januari tidak bisa didistribusikan pada bulan ini. Raskin Januari akan dirapel bersama pembagian raskin untuk Februari. Masing-masing RTS akan mendapatkan 15 kg raskin setiap bulan. Masing-masing RTS hanya cukup membayar Rp1.600/kg selama setahun.

Sebelumya, kalangan Kades di Kabupaten Klaten memprotes penurunan jumlah penerima beras untuk warga miskin (raskin) dari 130.007 rumah tangga sasaran (RTS) pada tahun lalu menjadi 108.527 RTS pada tahun ini.


Sumber : Solopos

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook