Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KABUPATEN BANYUMAS TERIMA BANTUAN RP. 405,1 MILIAR

kemiskinan-sapa-agungberibantuanbanyumasSAPA - Bantuan dari sejumlah Kementerian sebesar Rp. 405, 10 Miliar untuk Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Menko Kesra kepada perwakilan penerima bantuan di lapangan Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Banyumas, Jumat.

Bantuan sebesar Rp. 405,10 miliar ini di antaranya berasal dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp. 126,01 miliar, Kementerian Sosial sebesar Rp. 2,18 miliar, Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp. 136,16 miliar, Kementerian Kehutanan Rp. 1,31 miliar, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp. 220,51 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Kesra mengharapkan, bantuan ini dapat tersalurkan dengan baik terutama untuk pendidikan dasar, menengah atas, dan penguruan tinggi. "Ini salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," katanya.

Menurut dia, masyarakat Indonesia rata-rata hanya mengenyam pendidikan selama tujuh tahun atau setingkat sekolah menengah pertama. Ia mengatakan, kondisi tersebut jauh tertinggal dari negara lain. "Negara tetangga kita, Malaysia rata-rata 12 tahun. Bahkan, ada yang 18 tahun, " katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perbaikan infrastruktur pendidikan termasuk kurikulum terus dilakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan. Di bagian lain, Menko Kesra mengatakan, berdasarkan laporan Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di posisi nomor 2 setelah China.

"Pertumbuhan ekonomi China mencapai 7,8 persen, Indonesia sebesar 6,3 persen," katanya. Terkait masalah kemiskinan, dia mengatakan, angka kemiskinan di Indonesia menunjukkan penurunan. Menurut dia, angka kemiskinan di Indonesia pada 2009 sebesar 14,9 persen, namun tahun ini turun menjadi 11,6 persen.

"Pada sisa dua tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, angka kemiskinan diharapkan bisa turun hingga di bawah 10 persen," katanya. Menko Kesra mengatakan, tanpa dukungan dan kerja sama yang baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota, program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat tidak bisa dicapai.


Sumber : Antara dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook