Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENAKERTRANS MUHAIMIN ISKANDAR CANANGKAN DESA PRODUKTIF DI JEMBER

kemiskinan-sapa-muhaiminiskandarSAPA - Pemerintah mencanangkan Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebagai desa produktif. "Desa Tutul merupakan bagian dari 132 desa produktif yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia," kata Muhaimin Iskandar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Menurut Muhaimin, desa produktif adalah desa yang masyarakatnya memiliki kemauan dan kemampuan memanfaatkan secara kreatif dan inovatif seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki untuk meningkatkan produktivitas pedesaan. Dengan begitu tercipta kesempatan kerja baru sehingga dapat mencegah terjadinya urbanisasi dari desa ke kota.

Muhaimin mengatakan, program unggulan yang dikembangkan di desa produktif meliputi pelatihan teknis dan managerial tenaga kerja, padat karya produktif, pemagangan, teknologi tepat guna dan pelatihan usaha mandiri (wirausaha), pendampingan serta pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi desa.

Pola pengembangan yang dibidik adalah pembentukan desa perkebunan, desa persawahan, desa industri kecil dan kerajinan, serta desa perdagangan dan jasa," ujar Muhaimin.

Adapun kriteria untuk bisa menjadi desa produktif, di antaranya membutuhkan adanya komitmen dari masyarakat dan aparat desa, memiliki potensi sumber daya ekonomi, adanya akses informasi dan pemasaran produk serta ketersediaan infrastruktur jalan, air dan listrik.

Desa Tutul berpenduduk 9.989 jiwa, tanpa seorang pun yang menganggur. Penghasilan utamanya berupa kerajinan tangan (handycraft), seperti kalung, gelang, tasbih, alat - alat musik, serta beragam jenis barang kerajinan lainnya. Jumlah pengrajin 1.054 orang. "Selain itu, sebagian kecil warga juga berusaha di bidang peternakan, makanan dan minuman," ucap Kepala Desa Tutul, Nyonya Djuanah.

Tahun 2011, rata-rata penghasilan warga Desa Tutul Rp 5,400,000 per orang per bulan, kemudian naik menjadi Rp 5,600,000 per orang per bulan pada 2012.

 

Sumber : Tempo dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook