KEMSOS PETAKAN PENANGANAN KEMISKINAN WILAYAH PESISIR DAN PERBATASAN

SAPA – KEMENTERIAN Sosial (Kemsos) melakukan pemetaan untuk menetapkan pendekatan, program spesifik dalam penanganan fakir miskin di wilayah pesisir pulau-pulau kecil dan perbatasan antar negara.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dalam penanganan kemiskinan daerah perkotaan prototipe, pendekatan dan intervensinya penanganan tentu berbeda dengan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil perbatasan.

Secara indeks juga berbeda. Indeks daerah terpencil, kepulauan kecil, daerah perbatasan berbeda-beda. Misal indeks Rp 15 juta untuk bedah kamar. Di Indonesia timur, pegunungan tengah Papua semen saja 1 sak Rp 1,7 juta, kayu juga mahal.

“Inilah pentingnya intervensi yang melihat spesifikasi tingkat kemahalan setempat dan kearifan lokal,” katanya di sela-sela Rakornas Penanganan Fakir Miskin Pesisir Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan antar Negara di Jakarta, Kamis (19/5).

Berbagai pendekatan juga dipetakan untuk kepentingan perlindungan sosial, seperti kelompok usaha bersama (Kube), perbaikan rumah tidak layak huni, sarana lingkungan, program keluarga harapan dan beras sejahtera.

Ia mengungkapkan, prototipe daerah pesisir dilihat dari akses informasi jauh lebih advance dibanding daerah pegunungan. Kemsos upayakan ketika ditinggal suami melaut, istri bisa survive dan tidak mengalami kerentanan.

Intervensinya berdasarkan prototipe dengan pendekatan yang lebih spefisik. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

“Kita lakukan pemetaan. Tidak mungkin intervensi tanpa pemetaan,” ucapnya. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Program penanganan fakir miskin yang dilakukan Kemsos tentu mengambil irisan yang bukan domain kementerian lain seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Diharapkan pemberdayaan di sektor perikanan bisa menjadikan kesejahteraan kehidupan para nelayan. Nilai tambah pun bisa dirasakan nelayan. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Saat ini cakupan wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan perbatasan antar negara tersebar di 33 provinsi, 302 kabupaten, 2103 kecamatan dan 11.439 desa. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sumber: Beritasatu dot com
                   PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terkait lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *