Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA Indonesia - Aliansi Strategis Melawan Pemiskinan

IKraR

Buletin dan Kliping

Peta Indeks Kesejahteraan Rakyat Nasional Tahun 2013

KABUPATEN BERAU SINERGIKAN TUGAS BPMPK KECAMATAN DAN KELURAHAN

kemiskinan-sapa-berausinergi

SAPA - Dalam rangka menyinergikan dan ketersambungan program kerja serta kegiatan antara pelaku pemberdayaan masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kabupaten Berau menggelar orientasi penguatan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan kampung bagi aparatur BPMPK bersama aparatur kecamatan dan kelurahan se-Kabupaten Berau. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor PLN Tanjung Redeb ini dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan, Anwar, mewakili Bupati Berau Makmur HAPK.

Sementara itu, Kepala BPMPK Berau, M Dakri, mengungkapkan kalau kegiatan orientasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsi aparatur BPMPK, kecamatan dan kelurahan. Khususnya dibidang pemberdayaan masyarakat. Disisi lain juga menciptakan kebersamaan dan hubungan kerja yang harmonis antara aparatur BPMPK, aparatur kecamatan maupun aparatur di jenjang kelurahan. "Melalui orientasi ini juga diharapkan mampu mencari alternatif pemecahan masalah yang tepat berkaitan dengan program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat," tandasnya.

Orientasi yang diikuti kurang lebih 50 peserta ditambahkan Dakri terdiri dari aparatur BPMPK yang membidangi pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan kampung. Kepala Seksi Pemerintahan dan Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat dari 13 kecamatan se-Kabupaten Berau. Serta kepala seksi pemerintahan dan kepala seksi pemberdayaan masyarakat yang ada di 10 kelurahan di 4 kecamatan. "Sementara narasumber dalam orientasi ini, selain dari BPMPK, juga dari badan perencanaan maupun dinas pendapatan, pengelola keuangan dan kekayaan," tandasnya.

Anwar yang membuka orientasi ini mengatakan, kalau Pemerintah Kabupaten kini tengah mempersiapkan pelimpahan beberapa kewenangan kepada kecamatan. Ia pun berharap pelimpahan kewenangan harus disertai kemampuan aparatur di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Disamping itu persiapan diwujudkannya kelurahan sebagai bagian dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD). "Orientasi ini diharapkan menjadi satu kesempatan untuk saling bertukar informasi dan mencari solusi permasalahan yang ada di tingkat kecamatan maupun kelurahan," ucapnya.

Anwar juga menegaskan permasalahan di setiap kampung yang sangat kompleks tidak hanya terkait pemerintahan, tetapi juga sosial kemasyarakatan. Sehingga sudah seharusnya kepala kampung maupun aparatur di tingkat terbawah melakukan inventarisasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gesekan atau konflik dimasyarakat. Sehingga bisa dilakukan antisipasi dini dengan berbagai kegiatan di masyarakat. "Ini yang kami harapkan bisa dilakukan aparatur di jenjang kelurahan dan kecamatan untuk senantiasa menjalain komunikasi dengan masyarakat," ujarnya.

 

Sumber : kaltimpost dot com

Untitled Document

Temukan Kami di Facebook

Untitled Document

 

Publikasi

Untitled Document
01488219
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
2574
3732
12925
1454811
Untitled Document

Sekretariat SAPA

Jalan Bendungan Hilir Gang 10 No. 16 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160 Indonesia Telp/Fax: +62 21-571 0205 Fax: (+62 21) 5710205 E-Mail: admin[at]sapa.or.id

Hubungi Kami

Berita dari Daerah

Untitled Document

LAPOR!

Untitled Document

Link Kelembagaan

Untitled Document Biro Pusat Statistik Kementerian Sosial RI TNP2K UKP4
Untitled Document

Jajak Pendapat

Seberapa perlu program PNPM Mandiri untuk dilanjutkan???

Sangat Perlu - 17.2%
Perlu - 27.6%
Biasa saja - 41.4%
Tidak Perlu - 13.8%

Total Pilihan: 29
Ambil suara untuk Jajak Pendapat ini telah selesai on: 31 Ags 2014 - 00:00
Untitled Document

Multimedia