Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA Indonesia - Aliansi Strategis Melawan Pemiskinan

Monitoring BLSM di 32 Kabupaten/Kota SAPA Klik di sini

Arrow up
Arrow down

Monitoring BLSM di 32 Kabupaten/Kota SAPA Klik di sini

Arrow up
Arrow down

Agenda

Buletin dan Kliping

Peta Nilai -I K R A R- Nasional Tahun 2012

PANDU GERBANG KAMPUNG 2013 TEMPATKAN DESA BUMI NABUNG

kemiskinan-sapa-gerbangkampung

SAPA - Program Terpadu (Pandu) Gerakan Membangun (Gerbang) Kampung dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) pada tahun ini dilaksanakan di Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat.

"Pandu Gerbang Kampung di Lampung Utara akan dilaksanakan di Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat," terang Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Budi T. Tamin, via ponselnya, Minggu (12/5).

Ia menjelaskan bahwa Pandu Gerbang Kampung ini dibawah Kemenko Kesra yang bertujuan untuk mensinergikan program-program yang sudah ada di kementerian sehingga lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan seperti di Desa Bumi Nabung tersebut.

"Desa Bumi Nabung, Kecamatan Abung Barat termasuk salah satu daerah tertinggal atau miskin di Kabupaten Lampung Utara. Inilah yang menjadi alasan mengapa Desa itu terpilih menjadi penerima program tersebut," kata dia.

Oleh karenanya, masih katanya, guna mensukseskan program tersebut, pihaknya telah meminta kepada pihak Kecamatan terkait untuk mengusulkan apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya guna mempercepat pengentasan kemiskinan didaerah tersebut.

"Kita sudah minta pihak Kecamatan untuk mengusulkan kebutuhan yang diperlukan. Sementara ini, usulan yang telah disetujui adalah program bedah rumah untuk sekitar 200 Kepala Keluarga," jelasnya tanpa merinci usulan lainnya yang telah diajukan oleh pihak Kecamatan tersebut.

Mengenai waktu pelaksanaan, ia menyebutkan bahwa kemungkinan besar program ini akan dilaksanakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan mendatang dan diluncurkan langsung oleh Kemenko Kesra. "Semuanya tergantung dari pihak Kementerian karena informasi yang kami terima, ada sebagian program itu yang akan dilaksanakan pada tahun 2014. Tapi sekali lagi, itu tergantung dari pihak Kementerian," ungkapnya.

Selain dari Pandu Gerbang Kampung yang dilaksanakan di Kecamatan Abung Barat tersebut, Budi menambahkan, masih terdapat program pengentasan kemiskinan lainnya yakni program Quick Wins dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Program Quick Wins ini akan dilaksanakan di Kecamatan Sungkai Selatan.

Sementara, Camat Abung Barat, Murni Rizal ketika dihubungi membenarkan bahwa salah satu Desa di Kecamatan yang dipimpinnya mendapat Pandu Gerbang Kampung. "Benar. Salah satu Desa di Kecamatan saya yakni Desa Bumi Nabung mendapat program itu. Pihak Desa telah mengusulkan kepada kita mengenai apa saja yang dibutuhkan masyarakat di Desa itu. Usulan itu telah kita sampaikan kepada Pemkab Lampura melalui Bappeda," ucapnya.

 

Sumber: lampungutara dot go dot id

Untitled Document

Temukan Kami di Facebook

Untitled Document

 

Publikasi

Untitled Document
00987531
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
2567
2907
10003
963059
Untitled Document

Monitoring BLSM di 32 Kabupaten/Kota SAPA Klik di sini

Arrow up
Arrow down

Sekretariat SAPA

Jalan Bendungan Hilir Gang 10 No. 16 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160 Indonesia Telp/Fax: +62 21-571 0205 Fax: (+62 21) 5710205 E-Mail: admin[at]sapa.or.id

Hubungi Kami

Berita dari Daerah

Untitled Document

LAPOR!

Untitled Document

Link Kelembagaan

Untitled Document Biro Pusat Statistik Kementerian Sosial RI TNP2K UKP4
Untitled Document

Jajak Pendapat

Cara Penanggulangan Kemiskinan yang efektif adalah dengan :

Memberi Bantuan uang Langsung - 1.5%
Memberi Bantuan pekerjaan langsung - 22.3%
Memberi bantuan pemberdayaan - 73.8%
Tidak memberi apa-apa - 2.3%

Total Pilihan: 130
Ambil suara untuk Jajak Pendapat ini telah selesai on: 31 Des 2013 - 00:00
Untitled Document

Multimedia