Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA Indonesia - Aliansi Strategis Melawan Pemiskinan

IKraR

Buletin dan Kliping

Peta Indeks Kesejahteraan Rakyat Nasional Tahun 2013

ADA SEMANGAT MUSYAWARAH DAN DIALOGIS DI MUSRENBANG KECAMATAN JEMBRANA 2013

kemiskinan-sapa-jembranamsdeby

SAPA - Saya menyampaikan situasi Musrenbang Kecamatan di Jembrana yang berlangsung dengan semangat musyawarah dan ada proses dialog dalam penentuan prioritas program pembangunan di kecamatan. Selengkapnya di awah ini adalah catatan saya:

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan di Jembrana berlangsung pada minggu ke 2 Februari 2013, diawali dari Kecamatan paling timur di Jembrana yaitu Kecamatan Pekutatan pada tanggal 11 Februari 2013 dan berakhir di ujung barat yaitu Kecamatan Melaya pada tanggal 15 Februari 2013.

Korda hadir hanya di 3 dari 5 Musrenbang Kecamatan yang ada di Jembrana, yakni Kecamatan Negara, Jembrana dan Melaya. Hampir semua Musrenbangcam didominasi oleh masyarakat sipil, bisa dikatakan 60% dari peserta yang hadir adalah non PNS. Ini bisa dilihat dari pakaian yang dikenakan oleh peserta, dan yang lebih menggembirakan hampir 50% peserta yang hadir adalah perempuan.

Ini sesuai dengan Seruan Bupati Jembrana melalui SURAT EDARAN BUPATI JEMBRANA NOMOR 050/ 23 / BAPPEDA dan PM/ 2013 TENTANG PEDOMAN UMUM PENYELENGGARAAN MUSRENBANG TAHUN 2013 bahwa utusan Desa ke Musrenbang Kecamatan terdiri dari 6 orang, 3 laki-laki dan 3 perempuan disambut dengan antusias oleh semua Desa di Jembrana.

Bapak Bupati, Kepala Bappeda dan hampir semua kepala SKPD hadir dalam Musrenbang Kecamatan. Juga tampak anggota DPRD dari wilayah dapil tersebut hadir berbaur dengan peserta lainnya.
Semua peserta yang hadir sudah memegang dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan 2014 dan saat saya tanya semua sudah tahu kelompok diskusi mana yang akan mereka ikuti. Itu berarti semua peserta sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum datang ke Musrenbang Kecamatan.

Musrenbangcam diawali dengan sambutan (1) Bupati Jembrana, Bapak I Putu Artha, (2) Pemaparan Arah Kebijakan Umum Pemda Jembrana oleh Kepala Bappeda, Bapak Ir. Kt. Swijana, MT sekaligus memaparkan implementasi APBD 2012 dan program yang didanai APBD 2013, Keadaan Umum Masyarakat Jembrana dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan Penanggulangan Kemiskinan, yang sekaligus menjadi tantangan pembangunan Jembrana. (3) Pemaparan Camat tentang kondisi di kecamatan dan program usulan dari desa yang dipilah per bidang dan sumber dana untuk pembiayaannya. Rata-rata per kecamatan mengakomodir 30 usulan per bidang, jadi total ada 120 usulan dan dana yang diajukan rata-rata 30 – 50 Milyar per kecamatan. Ketua Tim Verifikasi Kecamatan Jembrana melaporkan program prioritas per desa yang akan dikompetisikan di tingkat kecamatan.

Peserta segera membagi diri dalam kelompok-kelompok diskusi segera setelah dipersilahkan oleh pembawa acara. Diskusi kelompok dikoodinir oleh Sekretaris Kecamatan didampingi oleh para Fasilitator Kecamatan PNPM MPd. Team SKPD berbaur dalam diskusi kelompok sesuai bidang masing-masing. Proses perangkingan dibantu dengan format yang disiapkan oleh PNPM MPd. Terjadi lobi dan dialog yang diiringi gelak tawa diantara peserta diskusi kelompok. Acuan penting yang selalu diingatkan oleh fasilitator adalah program yang diprioritaskan agar bermanfaat untuk banyak orang, kalau bisa bermanfaat untuk masyarakat lintas desa. Juga agar bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan terutama keluarga miskin. Perempuan cukup percaya diri dalam menyampaikan pendapat dengan alasan-alasan yang rasional. Perempuan juga rajin dalam proses penghitungan dan menyiapkan laporan kelompok.

Pertemuan pleno umumnya terjadi pada pukul 16.00. Sebagian besar peserta laki-laki sudah meninggalkan tempat, maka yang mendominasi pertemuan adalah perempuan. Mereka menyimak laporan dari kelompok lain dengan serius dan masih semangat dalam memberi pendapat.

Pemilihan delegasi kecamatan berlangsung demokratis, ada 5 orang, 3 laki-laki dan 2 perempuan yang akan mewakili kecamatan dalam Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten. Semoga semangat musyawarah dan dialogis di Musrenbang Kecamatan ini dilanjutkan dengan semangat yang sama dalam Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten serta APBD yang mencerminkan semangat seluruh masyarakat dan pemda Jembrana yang pro justice, pro poor, pro growth, dan pro job.

 

Oleh : Debora Murty Korda SAPA Kab Jembrana, Kab Buleleng, Kab Badung

kemiskinan-sapa-jembranamsdeby1

kemiskinan-sapa-jembranamsdeby2

Untitled Document

Temukan Kami di Facebook

Untitled Document

 

Publikasi

Untitled Document
01602753
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
727
3007
18871
1558591
Untitled Document

Sekretariat SAPA

Jalan Bendungan Hilir Gang 10 No. 16 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160 Indonesia Telp/Fax: +62 21-571 0205 Fax: (+62 21) 5710205 E-Mail: admin[at]sapa.or.id

Hubungi Kami

Berita dari Daerah

Untitled Document

LAPOR!

Untitled Document

Link Kelembagaan

Untitled Document Biro Pusat Statistik Kementerian Sosial RI TNP2K UKP4
Untitled Document

Jajak Pendapat

Seberapa perlu program PNPM Mandiri untuk dilanjutkan???

Sangat Perlu - 17.2%
Perlu - 27.6%
Biasa saja - 41.4%
Tidak Perlu - 13.8%

Total Pilihan: 29
Ambil suara untuk Jajak Pendapat ini telah selesai on: 31 Ags 2014 - 00:00
Untitled Document

Multimedia