penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

lapor-logo
--------------------------------------------------------


lapor-video-1APA ITU LAPOR!


LAPOR! atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat adalah aplikasi media sosial yang melibatkan partisipasi publik dalam bentuk komunikasi yang bersifat dua arah. Aplikasi LAPOR! digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan maupun pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program pembangunan nasional.

Aplikasi LAPOR! berupaya untuk menjembatani partisipasi publik dalam pembangunan nasional antara masyarakat umum dengan pemerintah pusat. Masyarakat umum dapat memberikan pelaporan tentang pembangunan yang akan ditinjau dan didisposisikan oleh UKP-PPP kepada Kementerian atau Lembaga yang terkait, untuk ditindaklanjuti.

 

ALUR KERJA LAPOR!

Secara prosedural Aplikasi Lapor telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk memahami proses kerja pelaporan. Kemudahan pemahaman ini dituangkan di dalam skema atau diagram Alur Kerja Lapor secara transparan. Alur kerja dari sistem informasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dapat dilihat seperti pada diagram di bawah ini :

lapor-alur-revSumber : lapor dot ukp dot go dot id


Beberapa hal yang penting untuk dijelaskan berkaitan dengan Diagram Alur Kerja LAPOR! di atas adalah sebagai berikut :

1.  Pelaporan

     Masyarakat umum dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk website http://lapor.ukp.go.id, SMS 1708 dan juga mobile
     applications. Laporan tersebut harus diverifikasi oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya didisposisikan ke intansi
     Kementerian/Lembaga terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

2.  Tindak Lanjut Pelaporan
     Instansi Kementerian/Lembaga diberikan waktu selama 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang
     diberikan oleh masyarakat umum. Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi Kementerian/Lembaga dapat menginformasikannya pada halaman
     tindak lanjut laporan.

3.  Penutupan Laporan
     Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi Kementerian/Lembaga pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak
     lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut.


SAPA Indonesia bekerjasama dengan Media Sosial LAPOR! menyarankan kepada seluruh pengunjung Website sapa.or.id untuk selalu menggunakan wadah media sosial LAPOR! sebagai alat bantu dan alat komunikasi dalam melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan maupun penyampaian pengaduan masyarakat yang terkait dengan pelaksanaan program Penanggulangan Kemiskinan di sekitar wilayahnya masing-masing.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

lapor-website  lapor-batas  lapor-petunjuk   lapor-batas  lapor-download  lapor-batas  lapor-hubungi